4 Rekomendasi Platform Online untuk Tingkatkan Soft Skill

Friday, 18 June 2021

Dalam menjalani hidup dari waktu ke waktu kita biasanya mengenal istilah resolusi, atau bisa disebut dengan keputusan untuk tujuan yang ingin dicapai. Dalam upaya mencapai resolusi tersebut, kita terkadang memerlukan soft skill yang mumpuni, khususnya untuk resolusi yang berkaitan dengan persaingan di dunia kerja. Generasi millenial saat ini cenderung memiliki jiwa kompetisi yang kuat, sehingga tanpa bekal soft skill tentu tidak akan mampu saing dengan yang lain. 

Istilah soft skill sendiri tentu sangat berkaitan erat dengan dunia kerja. Hal tersebut karena soft skill telah menjadi salah satu bagian dari keberhasilan pada dunia kerja itu sendiri. Soft skill merupakan kemampuan non-teknis pada diri seseorang yang terlahir secara alami dan sangat penting dimiliki untuk berinteraksi dengan orang lain, kecakapan dan mengatur interpersonal skill. 

Berkat perkembangan teknologi, saat ini setiap orang bisa melakukan aktivitas serta mempelajari hal-hal baru dengan mudah. Perkembangan teknologi ini juga menuntut setiap orang untuk mengembangkan pengetahuan serta skill yang dimiliki. Pada masa digital ini, untuk meningkatkan kemampuan apapun dapat dengan mudah dilakukan melalui beberapa platform online yang sudah banyak digunakan, termasuk soft skill. Yuk simak! 

 

  1. Memrise.com

Jika Sobat ingin mempelajari bahasa asing, aplikasi Memrise bisa dijadikan rujukan. Disini ada ratusan bahasa asing yang bisa dipelajari secara gratis. Nantinya, aplikasi ini akan meminta pengguna mengingat kosa kata beserta arti dan pengucapannya. Memrise bisa diakses secara gratis di iOS, Android, dan situs memrise.com. 

  1. Skill Academy by Ruang Guru

Skill academy dari Ruang Guru ini menyediakan pelatihan online agar dapat meningkatkan kapasitas soft skill. Pada situs ini, terdapat kurang lebih 250 video serta modul pelatihan yang mencakup materi kompetensi dasar hingga task yang bisa Anda ikuti untuk mengetahui kemampuan Anda. 

  1. Speaking.id

Public speaking merupakan keterampilan yang penting dimiliki oleh setiap orang. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka Sobat bisa menyampaikan ide atau gagasan ketika didunia kerja dengan mudah dan dapat dimengerti. 

Latihan online pada platform ini dilakukan secara intensif dengan teknik dasar keterampilan berbicara di depan umum. Sobat akan diajari metode dasar public speaking, praktik master of ceremony serta teknik presentasi. Selain online, juga bisa mengikuti workshop seminar untuk menyajikan teori serta praktek skill komunikasi yang lebih besar dengan durasi belajar sekitar 120- 180 menit setiap pertemuan. 

  1. Ratatype

Di era digital saat ini, kemampuan mengetik dengan cepat menjadi salah satu kompetensi yang dibutuhkan. Bagi Sobat yang merasa kesulitan melatih kecepatan mengetik, situs ratatype.com menawarkan latihan simpel yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

 

Bagaimana Sobat? dengan dukungan empat rekomendasi platform di atas, tentu akan lebih semangat lagi untuk meningkatkan soft skill yang Anda miliki dan yang tak kalah penting untuk mencapai resolusi. Teknologi akan membawa dampak positif dalam hidup jika Kita bisa menggunakannya dengan baik. Jika Anda dapat belajar atau latihan secara konsisten, maka hasilnya akan maksimal.