jpnn-maret-2018

jpnn.comJAKARTA – PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak dibidang Information Communication dan Technology (ICT) mengembangkan aplikasi logistik bernama EPOOOL.

Terlebih, permasalahan logistik telah menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh berbagai perusahaan terutama di Indonesia.

Aplikasi ini digadang-gadang mampu menjadi jembatan atas kebutuhan truk pada pemilik barang serta kebutuhan muatan pada perusahaan transportasi melalui teknologi informasi.

EPOOOL akan membantu menyelesaikan permasalahan tingginya harga pengiriman, dan sulitnya mencari alat angkut di Indonesia.

“Menurut catatan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia utilisasi truk barang di Indonesia rata-rata 40 persen, sisanya menganggur. Jika utilisasi truk semakin membaik maka akan berimbas pada pendapatan, saya kira pengusaha truk perlahan akan bersedia menurunkan ongkos angkutnya. Sehingga ekosistem logistik akan berjalan dengan baik, bisa dikatakan membentuk menurunkan biaya logistik dari sektor transportasi,” ujar utur Adel Rahadi, CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia.

Adel juga menambahkan visinya melalui platform ini untuk menekan biaya logistik minimal 25 persen dari sebelumnya.

Pasti kata dia, akan bisa mengurangi harga pokok barang yang berdampak pada turunnya harga jual barang. Apabila itu bisa terjadi tentu daya beli masyarakat akan meningkat. Misalnya harga semen per sak biasanya Rp 60 ribu bisa turun menjadi Rp 50 ribu saja.

“Dampaknya bertahap akan memengaruhi terhadap perekonomian dalam negeri. Cita-citanya memang tidak selalu berorientasi pada bisnis tapi tetap ada idealismenya. Sebab diharapkan melalui platform ini tercipta ekosistem logistik yang efisien di Indonesia,” jelas dia.

Dengan visi menjadi platform dan penyedia solusi dalam permasalahan logistik yang terjadi pada level enterprise hingga individual, EPOOOL memang berbeda dari perusahaan logistik yang telah eksis di Indonesia yang hanya menyediakan angkutan sebagai jasa pengiriman barang.

EPOOOL akan menjadi wadah online atau e marketplace antara pemilik barang dan pemilik jasa angkutan Truk di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan transportasi tidak perlu menunggu pada titik-titik pemberhentian, dan akan secara otomatis dapat melihat permintaan angkut dari para pemilik barang.

Hal tersebut tentunya akan memotong waktu tunggu dan memperbesar kemungkinan pemlilik transportasi dalam mendapatkan muatan balik atau lanjutan.

“Jadi bisa dibayangkan perusahaan yang memiliki barang dan membutuhkan truk semua informasinya bisa dilihat di Epoool, termasuk informasi perusahaan angkutan beserta armadanya,” jelasnya.

Pola bisnis semacam ini bisa membantu perusahaan manufaktur yang sebelumnya kesulitan memperoleh armada. Sementara pengusaha trucking diuntungkan karena truk yang dimiliki terutilisasi dengan baik, bahkan pendapatan bisa meningkat dua kali
lipat.(chi/jpnn)

sumber: https://www.jpnn.com/news/aplikasi-epoool-hadir-atasi-permasalahan-logistik