membangun-brand-perusahaan

Dua setengah tahun, bukan waktu yang sebentar bagi Eggie Nurmahabbi mencicipi asam garam menjadi seorang Strategic Communication. Model Bisnis to Business (B2B) yang dijalankan oleh perusahaan menjadi tantangan tersendiri.

Hadir di saat perusahaan baru menginjakkan umur ke 2 tahun, Eggie yang baru saja dinobatkan menjadi Icon PR Indonesia 2018-2019 ini mulai membangun semuanya dengan tim dari awal. Baginya, efektivitas kegiatan komunikasi pemasaran menjadi tujuan akhir.

Dalam life cycle perusahaan, SISI masih sangat membutuhkan pengenalan dan pembangunan trust kepada target pasar. Sehingga pada tahun-tahun ini, perusahaan sudah semestinya memikirkan kepentingan brand investment.

“Bersama Designer dan Digital Marketer, brand identity menjadi salah satu hal yang kita benahi sebelum membangun brand image pada persepsi masyarakat”. Ungkapnya. Brand identity menjadi sangat penting keberadaannya agar sebuah brand dapat diterima dengan baik sesuai dengan positioning yang telah dirancang.

Perbaikan ini dimulai dari berbagai media dan kanal utama yang menjadi wajah perusahaan pada masyarakat khususnya target pasar seperti profil perusahaan, berbagai promotional kit, hingga pada website dan seluruh media sosial.

Transformasi brand identity ini juga didukung oleh manajemen perusahaan dengan
di-launchingnya tagline baru “Simplify Business & Life” dari sebelumnya “Explore the
Opportunities”. Hal ini berarti banyak menurut Eggie karena perusahaan merubah persepsi
masyarakat dari yang sebelumnya self-centered menjadi customer center.

 

SISI Sebagai Newcomer

SISI yang datang sebagai pemain baru pada industri teknologi informasi jelas menyisakan tugas berat dalam pembangunan citra untuk mendapat kepercayaan masyarakat. Perancangan pesan kunci yang merujuk pada brand vision, positioning, segmentasi dan target pasar adalah langkah awal.

Tujuan pembangunan brand image tidak lain karena value proposition menjadi faktor penting dalam keputusan pemilihan produk pelanggan. Eggie mengatakan bahwa, bekerja sebagai Strategic Communication memang seperti dua mata sisi uang. Merancang strategi komunikasi bahkan sampai dapat merealisasikan kegiatan promosi merupakan hal yang menyenangkan. Namun dibalik asiknya berkerja pada profesi tersebut, terdapat seabreg tanggung jawab didalamnya.

Pada tahun 2018 tim berhasil mendapatkan 2 penghargaan sebagai Most Admired IT Company oleh Warta Ekonomi dan Excellent Corporate in Technology and Information Industry oleh PR Awards 2018. Penghargaan tersebut membuktikan kerja keras tim Strategic Communication dalam membangun wajah perusahaan yang berdampak pada peningkatan citra. Lebih jauh, pembangunan citra perusahaan diharapkan akan konsisten dan berbuah pada peningkatan value perusahaan.

Sejalan dengan hal tersebut, seluruh kegiatan promosi perusahaan juga tidak hanya terfokus pada brand awareness namun sangat efektif keberadaannya karena berdampak secara langsung bagi pendapatan potential leads untuk mendukung kinerja tim pemasar yang berarti penambahan revenue langsung bagi perusahaan.