surabayainside-sisi-gresik

Sejumlah perusahaan besar tercatat sebagai klien SISI, antara lain GMF AeroAsia, PT Pos Indonesia, Perum DAMRI, Perum Perhutani, Perum BULOG, Bank Syariah Mandiri, dan PT Len Industri.

Surabayainside.com, Gresik – Perubahan lanskap bisnis yang begitu cepat menuntut perusahaan punya daya adaptasi tinggi, terutama dari sisi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kehadiran startup yang menjamur seperti Gojek, Tokopedia dan Traveloka dengan valuasi yang mencengangkan menjadi bukti terjadinya disrupsi dalam dunia bisnis yang luar biasa.

Agar sejalan dengan era baru, terutama industri 4.0 yang ditandai dengan otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik, perusahaan-perusahaan di Indonesia terutama BUMN harus sadar akan pentingnya transformasi bisnis. Proses bisnis dan digitalisasi menjadi kunci perubahan mendasar yang harus dipikirkan oleh manajemen perusahaan untuk mengawali transformasi bisnis.

Bergerak pada industri yang sedang naik daun saat ini, yaitu teknologi informasi dan komunikasi, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) terus memperlihatkan pertumbuhan yang cukup pesat. Anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. ini berhasil melakukan penetrasi pasar, di luar pasar Semen Indonesia Group.

Tercatat perusahaan besar seperti GMF AeroAsia, PT Pos Indonesia, Perum DAMRI, Perum Perhutani, Perum BULOG, Bank Syariah Mandiri, dan PT Len Industri menjadi kline SISI di tahun 2018. Menjadi partner perusahaan besar dari berbagai bidang, mulai manufaktur, transportasi, pertanian, hingga perbankan, menjadikan SISI semakin kaya pengalaman.

Sejalan dengan hal tersebut, Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) memang sudah seharusnya dibuat dengan mempertimbangan perkembangan dan kemajuan teknologi. Dimas Fajardinata, VP of Business & Marketing SISI, Rabu (2/1), mengatakan, “SISI sebagai salah satu perusahaan information technology yang cukup diperhitungkan di Indonesia saat ini siap menjadi strategic partner dalam pembuatan Masterplan IT yang sejalan dengan RJPP.”

SISI juga siap menjadi partner dalam penyedia solusi IT lainya seperti Managed Service, Apps Development, hingga pengadaan berbagai perangkat IT. Tahun 2019 akan menjadi tahun yang sangat menantang bagi SISI. Tentunya support kepada perusahaan induk dan grup, terutama dalam bidang supply chain management, tetap jadi fokus utama SISI.

“SISI akan terus memberikan dan menjadi partner terbaik dalam penyelesaian permasalahan dan kebutuhan teknologi informasi Semen Indonesia Group” tegas Dimas.  Tantangan dalam melakukan pengembangan produk unggulan perusahaan, seperti FORCA ERP, juga semakin terasa pada tahun 2018.

ERP merupakan paket peranti lunak yang mendukung semua proses dan kegiatan usaha, termasuk manufakturing, keuangan, sumber daya manusia dan sebagainya. Sebagai starter atau pemula yang diluncurkan tahun 2016, FORCA ERP jelas masih memiliki kekurangan baik dalam hal software maupun proses implementasi. Continuous improvement akan terus dilakukan dalam penggunaan berbagai software, bahkan kelas dunia sekalipun.

Customer focus masih menjadi strategi utama SISI, di mana hal ini tecermin dalam pengembangan fitur dan fungsionalitas produk yang disesuaikan dengan kebutuhan customer. Pengalaman melayani kebutuhan Semen Indonesia Group menjadi modal berharga untuk pengembangan produk.

Saat ini tercatat 10 distributor Semen Indonesia telah menggunakan FORCA ERP dan lebih dari 3.000 toko langganan mengguanakan FORCA PoS. Penggunaan FORCA ERP sebagai sistem yang terintegrasi dan single truth of data pada supply chain management jelas akan mempermudah alur informasi Semen Indonesia.

Best practice yang telah dikembangkan dan diaplikasikan pada Semen  Indoensia Group akan menjadi acuan dan perbandingan dalam imlementasi produk, termasuk ERP, di perusahaan lain di Indonesia. Selain itu, SISI juga terus melakukan perbaikan model bisnis FORCA ERP sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi customer. (Sumarlin)

Link Artikel: https://surabayainside.com/sisi-optimis-mampu-dukung-transformasi-bisnis-bumn/