Bagaimana Aplikasi Procsi dapat Meningkatkan Performa Procurement menjadi Lebih Efektif dan Efisien?

Friday, 14 April 2023

Procurement System Integration atau Procsi merupakan solusi end-to-end untuk digitalisasi proses bisnis pengadaan barang dan jasa. Hal ini guna mengoptimalkan produktivitas perusahaan melalui kemudahan sistem yang ditawarkan yang sifatnya digital, interaktif, dan terintegrasi.

Procsi hadir untuk mengatasi masalah proses pengadaan yang masih manual atau harus bertemu secara langsung atau tatap muka. Padahal hal ini dapat menyulitkan Anda dalam memonitor proses pengadaan.

Masalah lainnya yaitu tidak terkonsolidasinya tender pengadaan barang atau jasa yang sama atau sejenis dalam waktu yang relatif bersamaan. Hal ini membuat sulitnya mencapai proses pengadaan barang dan jasa yang efektif dan efisien.

Proses manual yang panjang dan memakan waktu, membuat pengelolaan pemasok berjalan tidak optimal. Masalah ini akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan pemasok yang handal dengan nilai tawar yang kompetitif.

Procsi juga hadir untuk menjawab masalah tingginya duplikasi master atau data material sehingga terjadi penumpukan atau tingginya nilai persediaan. Selain itu, masih ada masalah terkait manajemen kontrak, laporan progres pekerjaan, hingga penagihan masih dilakukan secara manual. Hal ini tentu dapat menghambat operasional bisnis Anda.

 

Terkait masalah ini, Procsi menjadi solusi dalam mendukung proses bisnis pengadaan barang dan jasa dengan sistem yang mampu meningkatkan proses pengadaan menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut keuntungan lainnya menggunakan Procsi:

  1. Meningkatkan produktivitas

Kecepatan dan transparansi yang didukung oleh teknologi informasi dalam proses e-procurement akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

  1. Meningkatkan kecepatan dalam transaksi

Penyederhanaan dan implementasi transaksi secara online akan meningkatkan kecepatan transaksi pengadaan barang dan jasa Anda.

  1. Mengurangi biaya operasional

Pemanfaatan teknologi informasi dalam transaksi pengadaan mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam proses pengadaan secara online. Anda tak perlu melakukan pertemuan tatap muka. Anda juga dapat mengurangi biaya administrasi dan lainnya.

  1. Mengurangi human errors

Salah satu masalah dalam procurement yaitu human error. Penyajian informasi yang detail dan interaktif akan membantu mengurangi kesalahan dalam transaksi pengadaan barang dan jasa.

  1. Terintegrasi dengan ERP

Selain empat keuntungan di atas, e-procurement juga sudah terintegrasi dengan ERP. Anda bisa mengintegrasikan sistem dengan mudah melalui beberapa integration point; master data vendor & material, purchase requisition (PR), purchase order (PO), dan dokumen invoice.

 

Untuk informasi lanjut terkait Procsi, terdapat beberapa modul yang disiapkan. Modul e-procurement yang tersedia dalam Procsi adalah sebagai berikut:

  1. Manajemen Vendor 

Kelola supplier dengan registrasi online, kualifikasi vendor, fungsi kinerja vendor hingga penerapan reward dan punishment. Manajemen yang baik akan memudahkan perusahaan untuk menemukan pemasok yang andal, kompetitif, dan efisien.

  1. Manajemen Tender 

Digitalisasi proses pengadaan mulai dari daftar permintaan pembelian, hingga pelaksanaan pengadaan yang meliputi konfigurasi pengadaan, undangan tender, aanwijzing, pembukaan penawaran, serangkaian evaluasi administrasi, teknis dan harga, lelang, negosiasi, hingga penetapan pemenang dan Purchase Order.

  1. Manajemen Expediting 

Modul selanjutnya tentang bagaimana memantau purchase order yang beredar dan berkomunikasi dengan vendor mengenai kemajuan pengiriman barang dan jasa.

  1. Manajemen Invoice 

Modul ini tentang proses bisnis penagihan secara elektronik dimulai dari tahapan ajuan penagihan oleh vendor, pemantauan tagihan, hingga verifikasi yang lebih transparan, efektif, dan efisien.

Dari keempat modul tersebut, tentunya akan semakin meningkatkan performa dalam pengadaan barang dan jasa perusahaan. Sebab, menghemat biaya dan waktu akan berujung pada efisiensi dan efektivitas. Seluruh proses terintegrasi dalam teknologi yang tepat guna dan membuatnya semakin transparan dan mudah diawasi.

Agar bisa menggunakan aplikasi e-procurement Procsi, minimum infrastruktur yang dibutuhkan yaitu akses internet dengan bandwidth minimal 512 Kbps dan komputer atau laptop dengan minimum RAM 4 GB.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai Procsi, dapat menghubungi kami di sini.