Memahami Penerapan ERP Pada Bisnis, Mahasiswa UISI Gelar Webinar bersama SISI

Friday, 21 January 2022

Beberapa waktu yang lalu sejumlah mahasiswa UISI dari Program Studi Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan Webinar bertajuk “Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Terintegrasi pada Perusahaan”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada 13 Januari lalu secara virtual melalui video conference. 

Webinar menghadirkan keynote speaker dari Vice President Digital Solution PT SISI, yakni bapak Achmad Tholchah. Melalui pemaparannya, Achmad Tholchah menyampaikan bahwa tantangan global saat ini semakin berat. Beberapa di antaranya seperti pertumbuhan populasi yang meningkat, serta konsumsi dan gaya hidup juga turut mempengaruhi bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya. Hal ini menjadikan ERP menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan untuk menghadapi kondisi saat ini. 

“Saat ini penerapan sistem IT di perusahaan mulai dari level UKM sampai dengan tingkat enterprise sudah menjadi sangat umum. ERP bukan lagi pilihan alternatif bagi perusahaan, melainkan harus dilakukan penerapannya,” ujar Achmad Tholcah. 

Lebih lanjut Achmad Tholchah menyampaikan, sistem ERP saat ini dapat terintegrasi dengan berbagai teknologi lainnya sehingga mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk departemen-departemen yang berbeda pada suatu perusahaan. 

Pada akhir sesi, Achmad Tholchah juga berpesan bahwa mahasiswa sebagai generasi saat ini harus mempersiapkan diri untuk terus belajar tentang teknologi utamanya perkembangan ERP agar dapat memahami dan mengembangkannya. Mahasiswa sebagai agent of change dituntut mempersiapkan kemampuan baru dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang mengedepankan otomatisasi dan penggunaan teknologi ERP  yang baik agar dapat menghasilkan efektivitas dan efisiensi yang lebih menguntungkan. Dalam hal ini menjadi tantangan bagi setiap generasi muda dalam mempersiapkan diri dan memiliki sifat yang adaptif, tangkas dan memiliki literasi digital dengan baik