Adaptasi Kebiasaan Baru, Optimalkan Operasional Perusahaan dengan FORCA ESS

Monday, 7 September 2020

Belajar dan bekerja dari rumah adalah hal baru yang saat ini menjadi kebiasaan akibat pandemi Covid-19. Siapapun, entah perusahaan, organisasi bahkan pendidikan tidak terlepas dari tren beraktivitas dari rumah. Hingga saat ini pemerintah sudah memberlakukan kondisi adaptasi kebiasaan baru (new normal), dan setiap perusahaan wajib menerapkan berbagai protokol kesehatan sebagai langkah preventif penularan Covid-19 baik di kantor maupun tempat umum lainnya.

Berbagai upaya seperti penyediaan hand sanitizer, pengaturan jarak antar individu dan tata ruang kerja, hingga modifikasi pegangan pintu telah menjadi standar kelayakan bagi tempat kerja (kantor). Tak terkecuali juga untuk urusan absensi. Aktivitas merekam data kehadiran karyawan  yang selama ini dilakukan melalui mesin fingerprint juga dianjurkan agar tidak digunakan lagi. Hal ini mengingat risiko tinggi penularan virus melalui benda yang disentuh oleh banyak orang. 

Jika mesin absensi fingerprint tidak lagi digunakan dan data absensi karyawan tidak terekam, tentunya akan jadi kendala dalam pengukuran kinerja harian karyawan. Sehingga beralih dari mesin fingerprint yang konvensional ke aplikasi absensi online merupakan pilihan yang tepat seperti penggunaan aplikasi FORCA ESS.

FORCA ESS (FORCA Employee Self-Service) dapat memenuhi kebutuhan jam kerja parsial perusahaan Anda selama masa adaptasi kebiasaan baru. Merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan melalui android dan iOS, FORCA ESS juga dilengkapi dengan support login Active Directory (AD)  sehingga dapat terintegrasi dengan sistem payroll secara real-time. 

Dengan aplikasi FORCA ESS, kegiatan absensi kehadiran karyawan, pengisian kuesioner kesehatan yang terintegrasi ke dashboard, hingga pengajuan cuti dan lembur secara mandiri (self submission) dapat dilakukan dalam satu aplikasi. Aplikasi FORCA ESS ini tentunya juga telah terkoneksi dengan GPS sehingga mampu membaca lokasi karyawan serta mengetahui karyawan tersebut masuk ke radius checkpoint yg terdaftar. 

Kesuksesan sebuah perusahaan terletak pada kedisiplinan waktu dan integritas yang dimiliki oleh setiap karyawan. Dengan penggunaan aplikasi FORCA ESS data absensi yang didapatkan akan lebih akurat dan real time, sehingga Anda dapat mengelola karyawan dengan  lebih mudah dan praktis.