Identifikasi Dini Risiko Bisnis dengan Aplikasi Firms

Thursday, 24 February 2022

Di era digital saat ini ada banyak manfaat perkembangan teknologi untuk urusan pengelolaan risiko bisnis. Manajemen risiko tentu bukan hanya menjadi strategi berdasarkan kemungkinan yang akan di hadapi saja, melainkan juga dari pengalaman beberapa kasus sebelumnya yang dapat digunakan untuk analisa berbagai risiko bisnis perusahaan. Perkembangan teknologi dalam pengelolaan risiko telah sampai pada digitalisasi dengan memanfaatkan sistem aplikasi, di mana sejumlah besar data dapat dianalisis dan diproses dengan lebih cepat dan akurat. 

Kini telah hadir aplikasi manajemen risiko Firms untuk membantu pengelolaan risiko pada bisnis Anda. Pengelolaan dapat dilakukan mulai dari mitigasi seperti asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan. Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, aplikasi Firms dapat membantu mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda. Berikut ulasan beberapa manfaat aplikasi Firms: 

 

  1. Transparansi Informasi

Penggunaan aplikasi Firms dapat memungkinkan Anda mengetahui risiko bisnis yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time. Aplikasi ini menyediakan sistem manajemen risiko dengan informasi yang berguna untuk membantu proses pengambilan keputusan. 

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Kemudahan akses antar corporate risk dan operational risk yang dapat memberikan respon yang tepat dalam mengurangi risiko. Penggunaan aplikasi ini mampu menerapkan kerangka kerja manajemen risiko yang terintegrasi serta memungkinkan organisasi untuk mengevaluasi risiko mereka dengan menghubungkan tujuan, departemen fungsional organisasi, dan komponen penilaian risiko.

  1. Pelaporan, Feedback, dan Tindakan Penanganan

Firms memiliki fitur untuk pelaporan yang real time, sehingga memungkinkan Anda dapat melakukan mitigasi risiko yang lebih terencana. Pada aplikasi ini nantinya Anda akan disuguhkan dengan berbagai laporan sehingga dapat membantu perusahaan dalam monitoring risiko di perusahaan. Bentuk laporan yang ada di Firms ini berdasarkan pada integrasi data dari risiko-risiko yang telah dimasukkan dari berbagai unit kerja/departemen di perusahaan.

  1. Aman, Mudah, dan Fleksibel

Pemanfaatan aplikasi juga akan membantu perusahaan menciptakan budaya sadar risiko. Hal ini akan berdampak pada pemahaman karyawan bahwa risiko ada di semua tingkat dalam perusahaan, sehingga diharapkan setiap karyawan dapat mengelola berbagai risiko tersebut dengan cerdas. Selain itu, Firms juga sangat mudah digunakan. Anda dapat melakukan input data dan aplikasi akan otomatis melakukan pemetaan terhadap risiko yang terjadi dengan disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matrix yang sesuai dengan standar perusahaan. Melalui Firms Anda juga dapat melakukan analisa dengan mudah dan lebih terstruktur berdasarkan bahan evaluasi hasil. 

  1. Efisiensi

Semua tentu setuju bahwa digitalisasi pada bisnis dapat menciptakan peluang untuk penghematan biaya. Bagaimana tidak, dengan penggunaan Firms, perusahaan dapat mengelola dan memitigasi risiko dengan cepat. Hal ini tentu memungkinkan organisasi mengambil berbagai inisiatif yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif pada bisnisnya. Inisiatif tersebut tentunya juga dapat meningkatkan kinerja operasional dengan mengurangi biaya dan waktu siklus penilaian risiko.

 

Itu tadi beberapa manfaat penggunaan aplikasi manajemen risiko Firms. Perlu dipahami pengelolaan risiko tidak hanya terbatas pada risiko kecil yang biasa terjadi, tetapi juga pada seluruh proses yang melekat pada fungsi-fungsi yang kritikal untuk kelangsungan operasional bisnis berjalan secara efisien dan efektif. Melalui fitur-fitur yang terdapat pada Firms, pencatatan dan pelaporan data kritikal perusahaan akan lebih cepat diketahui.

Hubungi kami untuk mengetahui detail dan konsultasi kebutuhan bisnis Anda lebih lanjut.