Integrasi Teknologi pada Berbagai Bidang untuk Mendukung Bisnis

Friday, 27 May 2022

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat secara tidak langsung telah memberikan banyak perubahan yang signifikan dalam kehidupan. Pada sektor industri, kemutakhiran teknologi digital kini telah menciptakan perangkat mesin-mesin yang bekerja secara otomatis dan terintegrasi. 

Integrasi teknologi kini bukan hanya di bidang komunikasi, namun sudah pada hampir semua aspek kehidupan manusia. Bahkan untuk kalangan sektor industri, melakukan integrasi antara teknologi operasional dan teknologi informasi dinilai dapat mengoptimalkan transformasi digital yang dilakukan suatu perusahaan. Berikut beberapa contohnya;

  • Bidang Procurement

Salah satu contoh integrasi teknologi pada proses bisnis adalah dengan adanya sistem yang membantu perusahaan dalam urusan procurement. Penggunaan sistem aplikasi memiliki banyak manfaat bagi proses pengadaan barang dan jasa pada sebuah perusahaan. Software semacam ini biasanya membantu proses bisnis pengadaan barang dan jasa yang berbasis online, sehingga dapat memudahkan perusahaan untuk melakukan berbagai kegiatan pengadaan dan transaksi. 

Pemanfaatan aplikasi juga dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan pemasok dan distribusi. Salah satu contoh aplikasi e-procurement ini yakni Procsi. Procsi merupakan aplikasi procurement yang rancang khusus untuk membantu optimalisasi proses pengadaan serta meningkatkan produktivitas bisnis.

  • Bidang Human Resources (HR)

Melalui berbagai terobosan, integrasi teknologi sudah banyak sekali membantu menunjang kehidupan agar lebih mudah dan praktis. Integrasi teknologi juga berdampak pada bidang pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Saat ini banyak perusahaan telah menggunakan aplikasi untuk pengelolaan SDM agar lebih praktis dan efisien. Salah satu contohnya aplikasi FORCA HR. 

FORCA HR merupakan aplikasi yang difungsikan sebagai layanan, yang khusus dikembangkan oleh SISI untuk memaksimalkan seluruh potensi sumber daya manusia di suatu perusahaan/instansi.

  • Bidang Keuangan & Akuntansi

Software pada bidang ini dapat menjadi pilihan untuk dimanfaatkan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sekaligus juga diintegrasikan dengan aplikasi lain yang sudah ada. Fungsi aplikasi pengelolaan keuangan & akuntansi ini biasanya mampu berintegrasi dengan aplikasi lain yang bekerja secara bersamaan. Hasil laporan keuangan pun tidak lagi lambat karena sudah terintegrasi dengan aplikasi yang ada di perusahaan, sehingga dapat meminimalkan waktu yang terbuang untuk pekerjaan yang berulang. 

Layanan FORCA ERP dapat menjadi salah satu pilihan sistem apikasi yang tepat untuk kebutuhan pengelolaan akuntansi dan keuangan perusahaan Anda.

  • Bidang Alih Daya

Kini banyak perusahaan yang mulai melirik solusi alih daya untuk kebutuhan operasional bisnis mereka dikarenakan memiliki SDM yang minim dengan dibarengi beban kerja yang tinggi. Sebenarnya penggunaan alih daya kini sudah tidak asing lagi, hanya saja tidak semua orang paham tentang hal ini. SISI sendiri telah menyediakan shared services sebagai solusi alih daya kebutuhan operasional bisnis. 

Shared Services SISI merupakan fungsi terpusat dari suatu organisasi, di mana semua tanggung jawab back-office dikelola oleh pihak ketiga. Layanan ini menyediakan dukungan berupa pengelolaan beberapa aktivitas perusahaan dan sumber daya. Layanan shared services mengadopsi cara untuk mengkonsolidasikan beberapa proses bisnis sehingga memungkinkan setiap divisi atau unit bisnis untuk memfokuskan waktu serta sumber dayanya pada visi dan core bisnis. 

 

Itu tadi beberapa contoh bidang integrasi teknologi yang dapat membantu bisnis dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Analisa jenis bisnis Anda, dan pilihlah solusi integrasi teknologi digital yang paling pas. 

Hubungi kami untuk konsultasi kebutuhan bisnis dan solusi integrasi teknologi digital yang terpercaya bagi bisnis Anda.