Keuntungan Penerapan Shared Services bagi Bisnis

Monday, 31 May 2021

Perkembangan bisnis mengalami peningkatan yang cukup tajam saat ini. Kondisi ini diibaratkan sebagai “Mati satu tumbuh seribu.” Ketika satu bisnis mengalami keterpurukan, bisnis yang bergerak di bidang yang sama mulai bermunculan ke permukaan. 

Perkembangan ini seharusnya dapat kita sambut dengan baik karena secara tidak langsung akan memperluas peluang dan lapangan pekerjaan di tanah air. Namun di sisi lain hal ini juga menciptakan kekhawatiran bagi sebagian pebisnis. Kekhawatiran ini muncul karena perkembangan bisnis pasti akan menciptakan kondisi persaingan yang semakin ketat, sehingga tak jarang ada kalanya bisnis menjadi stuck atau berhenti secara tiba-tiba. 

Salah satu yang menghambat pengembangan bisnis saat ini adalah lambatnya pembangunan infrastruktur untuk menunjang produktivitas kinerja. Hal ini ditandai dengan kurangnya kualitas dan kuantitas infrastruktur atau prasarana, sehingga perusahaan akan kesulitan untuk fokus pada bisnis yang sedang dikembangkan. 

Salah satu contoh infrastruktur yang mulai diminati oleh perusahaan global yakni transformasi digital berupa pemanfaatan layanan shared services. Mungkin sebagian pebisnis belum akrab dengan dengan layanan yang satu ini, namun sebenarnya shared services kini mulai mendominasi setiap organisasi perusahaan. Melalui layanan yang satu ini, perusahaan mendapatkan sebuah solusi tentang bagaimana cara memfokuskan pekerjaan agar dapat lebih produktif dan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. 

Shared Services dapat dipahami sebagai layanan end-to-end pengelolaan proses bisnis yang berbasis digitalisasi. Layanan ini bekerja secara terpusat dengan mengkonsolidasikan aktivitas operasional bisnis perusahaan yang bersifat non-core atau transaksional. Terdengar aneh memang jika operasional bisnis yang kita lakukan tiba-tiba dilakukan oleh pihak lain. Tapi dengan layanan ini dapat memudahkan perusahaan dalam mengelola dan menjalankan bisnis dan berfokus pada hal-hal strategis dengan lebih baik. 

Analoginya bisa dibayangkan, jika kita memiliki deadline yang cukup banyak dan semua hal itu kita kerjakan secara bersamaan, maka akan sulit untuk dapat segera tuntas sesuai harapan. Atau jika pekerjaan tersebut bisa kita kerjakan secara bergantian, akan tetap menyisakan tantangan untuk lebih fokus pada target dan efisiensi waktu. Pada tantangan ini, Implementasi layanan shared services menawarkan produktivitas dengan mengalihkan pekerjaan back office pada perusahaan penyedia layanan, sehingga perusahaan Anda dapat lebih fokus pada core bisnis perusahaan. 

Selain itu beban yang dibagi pada layanan shared services akan membuat perusahaan tidak perlu berinvestasi besar untuk teknologi, perangkat mahal, biaya lisensi aplikasi, hingga biaya sumber daya manusia (SDM). Solusi yang ditawarkan layanan shared services tidak hanya memberikan efisiensi operasional perusahaan saja, namun juga sekaligus memberikan dampak pada peningkatan kualitas produk dan layanan pada bisnis Anda. Hal ini dapat terwujud karena penyelenggara shared services akan melakukan pengawasan atas jalannya layanan yang dikelola oleh sejumlah ahli pada bidangnya. 

Pemanfaatan shared services menawarkan nilai tambah yang penting untuk membuat laju perusahaan semakin terarah dan bergerak cepat melalui analisa data yang memungkinkan membantu dalam meningkatkan pendapatan perusahaan dan efisiensi biaya. Data-data serta insight yang diberikan akan memudahkan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan, sehingga dapat menciptakan produktivitas yang tinggi serta pelayanan yang lebih profesional. Untuk mengetahui bagaimana shared services dapat mengoptimalkan bisnis Anda, silahkan hubungi kami sekarang juga!