Maksimalkan Potensi Bisnis Anda dengan Sistem ERP

Tuesday, 1 March 2022

Transformasi digital saat ini diyakini menjadi strategi yang penting bagi bisnis untuk meningkatkan core bisnis perusahaan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Cara ini diyakini mampu menjadi solusi untuk menghasilkan nilai dan meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan.

Salah satu inisiatif populer dalam upaya mewujudkan transformasi digital pada bisnis saat ini yakni berupa pemanfaatan sistem perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP). ERP digunakan oleh banyak perusahaan sebagai dasar untuk kemajuan digital yang mendukung operasional bisnis perusahaan. Perangkat lunak ERP yang dikonfigurasi dengan baik jelas akan membantu organisasi mendorong perubahan strategis dan mengintegrasikan teknologi mutakhir lainnya.

 

Analogi Penggunaan ERP

Untuk memahami ERP dengan cara yang sederhana, mulai dengan memikirkan semua proses inti bisnis seperti SDM, produksi, inventaris, pemasaran, penjualan, keuangan, dan lainnya. Kemudian coba bayangkan sebuah platform yang mengintegrasikan semua proses bisnis tersebut, sehingga dapat membantu pengelolaannya melalui satu interface/antarmuka. ERP memang dirancang khusus untuk mengelola proses bisnis pada semua level perusahaan, dan dapat menyentuh setiap bagian dari proses bisnis pada masing-masing departemen/unit kerja perusahaan.

Mengoptimalkan Sumber Daya

Semakin berkembangnya era digital saat ini membuat sebagian besar perusahaan harus lebih gesit dan kompetitif. Terjadinya pandemi COVID-19 juga turut serta menyumbang strategi baru dalam bisnis dengan mencari cara untuk meminimalkan ketergantungan pada tenaga kerja manusia dan mendorong otomatisasi. Tak dapat dipungkiri digitalisasi mampu mengingkatkan efisiensi sumber daya, dan pada pemanfaatan sistem ERP hal itu dapat menyediakan otomatisasi dalam tugas-tugas yang bersifat administratif, sehingga sumber daya manusia dapat lebih fokus pada pemantauan, analisa, dan pelaporan dalam mengelola proses inti bisnis.

Percepat Upaya Transformasi Digital

Dengan ERP yang cerdas, perusahaan dapat memodernisasi sistem back-end inti menjadi sistem yang gesit untuk beradaptasi terhadap perubahan ekonomi, pasar, teknologi, dan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat dicapai melalui kekuatan pemrosesan data dan integrasi melalui fitur-fitur yang terdapat pada penggunaan ERP. Kemampuan ini memungkinkan penyederhanaan pada proses bisnis perusahaan. Anda dapat mengelola seluruh aset yang dimiliki perusahaan dengan efektif mulai dari pembelian aset, identifikasi aset, depresiasi, hingga penghitungan biaya pengelolaan. 

Digitalisasi adalah masa depan bisnis, perdagangan, dan kehidupan bersama. Transformasi digital dalam bisnis berarti membangun bisnis yang terintegrasi, cerdas, gesit, inovatif dengan berbasiskan data, sehingga dapat membuka berbagai peluang baru dalam persaingan yang semakin ketat. Untuk itu pastikan bisnis Anda didukung dengan ERP andal dan tepat sesuai dengan kebutuhan.

 

Hubungi kami dan pelajari lebih lanjut dan bagaimana FORCA ERP dapat mengintegrasikan proses & meningkatkan performa bisnis Anda.