Penggemar Teknologi, Intip Investasi untuk Pengembangan Diri Ini Yuk!

Friday, 22 April 2022

Saat ini kita hidup di era digital, di mana perubahan yang terjadi semakin lama semakin cepat. Salah satu hal yang penting dilakukan dalam menghadapi era digital ini adalah melakukan investasi. Berinvestasi bukan hanya sekedar investasi finansial saja, tetapi lebih dari itu kita juga harus berinvestasi terhadap pengembangan diri. 

Tidak jarang di antara kita sering merasa kebingungan tentang apa yang perlu dikembangkan dari diri sendiri. Namun bagi Anda penggemar teknologi sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan loh! Berikut beberapa pengembangan diri yang cocok bagi Anda yang menggilai teknologi: 

 

Bidang software

Perkembangan software dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, dari tahun ke tahun perkembangannya sangat signifikan. Apalagi ditambah dengan maraknya smartphone yang membuat aplikasi menjadi salah satu contoh produk IT yang sangat menggiurkan.

Jika Anda ingin investasi pengembangan diri dengan bidang yang satu ini, maka berinvestasi wawasan pada teknologi software sangat tepat. Anda dapat bergabung di perusahaan-perusahaan besar atau mendirikan usaha bisnis teknologi software house developer. Selain pasarnya masih akan tetap luas, harga penjualan software juga biasanya memiliki harga yang mahal, sehingga masih sangat prospek untuk ke depannya.

Keamanan cyber

Salah satu investasi diri untuk pehobi teknologi yang tak kalah menarik adalah dalam bidang keamanan cyber. Dewasa ini semakin banyak teknologi yang berkembang akan memicu jumlah ancaman keamanan siber yang sangat besar. Sehingga strategi keamanan pun semakin berkembang.

Melakukan investasi teknologi keamanan siber tidak ternilai harganya. Setiap organisasi bisnis hingga institusi pemerintahan akan sangat ingin memiliki sumber daya dengan yang memiliki pengetahuan dan keahlian tersebut. Secara umum pengetahuan tentang keamanan siber tersebut terdiri dari bagaimana peretasan terjadi, bagaimana serangan ditangani, teknik apa saja yang ada dan berkembang, yang berujung pada bagaimana melakukan peningkatan keamanan. Dengan kemampuan untuk melihat gambaran keseluruhan dari keamanan siber ini, tentu akan sangat menguntungkan bagi karir Anda ke depannya. 

Teknologi cloud

Kini cloud computing semakin ramai lazim digunakan. Cloud computing sendiri merupakan pemanfaatan teknologi yang berbasis internet di mana semua data dapat disimpan pada server yang ada di internet. Penggunaan teknologi cloud dianggap investasi berjangka panjang dan memiliki prospek yang cukup besar, sehingga bagi Anda yang ingin belajar teknologi cloud tentu akan menjadi investasi sangat menguntungkan.

Teknologi wearable

Wearable device dapat diartikan sebagai perpaduan antara teknologi mutakhir dengan peralatan atau aksesoris yang biasa kita pakai, seperti contoh jam tangan, kacamata, kamera, gelang, dan sebagainya. Teknologi ini belum lama masuk ke pasar di Indonesia, namun cukup mendapat sambutan yang baik. Teknologi ini dilengkapi dengan kemampuan komputasi dan fitur teknologi elektronika yang canggih di dalamnya. Wearable device mampu menjalankan fungsi tertentu sekaligus terlihat fashionable saat digunakan. 

Dengan berinvestasi pada pengembangan diri melalui pembelajaran teknologi wearable, Anda akan melakukan investasi satu langkah dari lainnya. Karena teknologi Wearable device sendiri nantinya masih banyak yang dikembangkan diantaranya menggabungkan wearable teknologi dan fitur lainnya seperti kendali suara dan gestur, augmented reality, hingga e-textile.