Strategi Investasi Teknologi untuk Tingkatkan Nilai Perusahaan

Friday, 1 April 2022

Memanfaatkan teknologi digital merupakan persyaratan mutlak yang diperlukan untuk bisnis apa pun di era persaingan global seperti saat ini. Digitalisasi akan memberikan peluang bagi bisnis untuk menjadi pemenang dalam persaingan karena perusahaan dapat bekerja secara lebih efisien dan efektif. Hal ini tentu berdampak pada peningkatan kinerja bisnis sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaannya.

Sebenarnya banyak bisnis yang telah melakukan investasi pada teknologi. Namun berakhir dengan sistem yang menghabiskan biaya lebih dari yang mereka kira atau tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan mereka. Untuk itu bagi Anda sebagai seorang pebisnis sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk memberikan hasil yang berbeda dari investasi teknologi yang Anda lakukan. 

  • Hubungkan teknologi dengan kebutuhan pelanggan

Jika Anda masih bimbang atas kebutuhan investasi teknologi seperti apa yang Anda butuhkan, mungkin tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut: 

  • Apa saja nilai unik yang ingin diciptakan untuk para pelanggan dan stakeholder? 
  • Lantas apa saja hal-hal yang perlu dimiliki untuk memberikan nilai itu?
  • Bagaimana teknologi dapat membantu bisnis lebih unggul dari kompetitor?
  • Apakah perusahaan mampu mengimplementasikan teknologi dengan baik, sehingga dapat membantu operasional dan tidak kalah dengan kompetitor?

Memiliki jawaban yang jelas atas beberapa pertanyaan tersebut akan membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan untuk berinvestasi melalui pemanfaatan teknologi. Anda juga akan dapat memprioritaskan teknologi mana yang menghasilkan keuntungan sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan. Secara bertahap langkah ini akan dapat membantu Anda memilih teknologi yang akan memudahkan pekerjaan harian Anda.

  • Seimbangkan investasi pada setiap level teknologi

Tidak setiap masalah membutuhkan solusi teknologi yang besar. Seringkali, solusinya memerlukan solusi yang lebih sederhana, atau bisa jadi tanpa teknologi seperti menentukan kebijakan baru dan perubahan pola kerja pada perusahaan.

Dengan memanfaatkan dukungan teknologi yang lebih sederhana dan perubahan behavior, bukan berarti menunda investasi pada solusi yang fundamental dengan teknologi yang lebih besar diperlukan secara jangka panjang oleh perusahaan. Pertimbangkan dengan analisa yang matang teknologi digital manakah yang memberikan dampak yang lebih baik pada perusahaan. Biasanya jika Anda memerlukan teknologi yang besar Anda juga butuh melakukan investasi teknologi kecil yang mendukungnya.

  • Selektif memilih penggunaan teknologi baru

Memberikan pengalaman yang lebih terhadap pelanggan tidak harus selalu menggunakan semua inovasi teknologi terbaru. Memang pada kenyataannya, perusahaan teknologi akan selalu menghadirkan inovasi ke pasar setiap harinya. Namun sebaiknya Anda dapat mempertimbangkan kebutuhan perusahaan. Jika memang pemanfaatan teknologi digital yang sudah ada dapat diintegrasikan, maka sebaiknya Anda pertimbangkan hal ini untuk mengurangi beban biaya yang berlebihan.

  • Ubah hubungan antara teknologi dan SDM

Melibatkan orang-orang yang akan menggunakan teknologi baru dan meningkatkan keterampilan mereka akan menjadi salah satu tugas penting yang paling menantang dan memakan waktu Anda sebagai pelaku bisnis. Tugas ini cukup penting agar investasi tidak menjadi sia-sia. Jangan hanya fokus untuk membuat orang nyaman menggunakan teknologi. Tapi buat mereka pengguna menjadi bersemangat bekerja dengan cara baru dan merasakan kenyamanan dalam menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaan mereka.

  • Evaluasi masalah yang muncul

Sebagian besar pelaku bisnis biasanya berfokus pada peningkatan efisiensi seperti penghematan waktu bekerja karyawan dari biasanya atau bahkan pengurangan karyawan. Hal ini tentu akan berdampak pada kinerja karyawan. Sebagai pelaku bisnis sebaiknya mempertimbangkan juga solusi yang tepat ketika investasi teknologi dilakukan, seperti pengurangan karyawan pada bidang tertentu dan mengalihkan mereka ke unit kerja lainnya.

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk berinvestasi pada teknologi digital. Solusi digital yang tepat akan membantu meningkatkan produktivitas dan daya saing bisnis. 

Temukan solusi dan penyedia yang tepat untuk membantu Anda melakukan investasi teknologi yang menguntungkan. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami sekarang juga!