Terapkan Digitalisasi, Dapatkan Keuntungan Ini bagi Bisnis Anda

Friday, 19 November 2021

Menjelang akhir tahun 2021 ini tentunya banyak pelaku bisnis melakukan penyesuaian strategi dengan digitalisasi. Sebagian besar kalangan mungkin memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Sebagian lagi mungkin lebih memprioritaskan peningkatan efektifitas dan efisiensi produksi.  Hal yang pasti kemajuan dan inovasi yang terjadi pada teknologi digital telah memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis karena berbagai aktivitas menjadi lebih mudah dan efisien. Lalu apa saja keuntungan dan dampak positif lain yang bisa didapatkan pelaku bisnis dalam memanfaatkan teknologi digital? Berikut ulasannya:

 

  1. Perluas jangkauan pasar

Semua pebisnis tentu sepakat bahwa perkembangan teknologi saat ini telah banyak memberi kemudahan bagi bisnisnya untuk melakukan promosi yang tepat sasaran. Lihat saja di media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, Whatsapp, e-commerce, podcast dan berbagai platform lain turut membantu pengenalan produk kepada calon customer

Bahkan beberapa platform ini juga memberi peluang usaha baru berupa endorsement, periklanan online yang ditawarkan untuk dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Perkembangan teknologi ini otomatis memudahkan pelaku bisnis untuk perluas jangkauan dan hampir tidak ada lagi sekat geografis. Semua dapat memanfaatkan jalur digital sebagai platform untuk melakukan pemasaran secara global. 

 

  1. Produktivitas meningkat

Menjalankan bisnis selalu dituntut untuk interaksi yang cepat dan efektif, baik itu secara internal antar karyawan dengan karyawan, maupun terhadap konsumen. Tidak dapat dipungkiri teknologi mampu membantu bisnis untuk begerak lebih cepat sehingga produktivitas meningkat secara signifikan. Pemanfaatan teknologi digital ini dapat mempermudah kegiatan operasional perusahaan dan bahkan mengurangi beban perusahaan secara keseluruhan. 

Di era digital saat ini banyak sekali kita temui teknologi, mulai dari yang membantu melalui otomatisasi hingga software yang dapat memudahkan proses pada back-office.  Pemanfaatan teknologi untuk produktivitas saat ini tidak saja terbatas pada bisnis bersakala besar dan menengah, namun juga dapat dimanfaatkan oleh bisnis sklala kecil dan UMKM.

 

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Teknologi digital telah membantu manusia dalam berkomunikasi tanpa adanya hambatan jarak dan waktu. Hal ini tentunya juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dengan baik. Dengan digitalisasi pelaku binsis saat ini dapat mengelola dan menjalankan bisnisnya dengan fleksibel, dari mana saja dan kapan saja. 

Di sisi lain dengan bantuan teknologi digital, pelaku bisnis juga dapat melakukan efisiensi pada biaya produksi dan operasional. Selain itu pelaku bisnis juga sudah dimudahkan dengan hadirnya berbagai platform digital untuk menjual produknya sehingga tidak perlu memiliki toko fisik untuk bisa memasarkan produknya. 

 

  1. Tingkatkan akselerasi bisnis

Pemanfaatan platform digital seperti website, blog, dan media sosial secara maksimal dapat menjangkau semakin banyak orang untuk melihat produk yang ditawarkan. Hal ini tentunya menjadi berpotensi untuk meraup lebih banyak pelanggan. Agar tidak tertinggal dari kompetitor, setiap pemilik bisnis saat ini diharuskan untuk mampu memahami pasar yang telah memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Penyebaran informasi yang sangat cepat saat ini dapat memberi dapmak positif pada penjualan yang juga turut meningkat. 

 

  1. Perluas ekspansi bisnis

Tanpa kita sadari dengan dukungan teknologi digital, banyak peluang bisnis jadi semakin menjanjikan. Kecenderungan konsumen yang saat ini telah beralih ke ekosistem digital, seperti jasa transportasi, transaksi, hingga berbelanja harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bagi para pelaku bisnis hal ini tentunya menjadi potensi baik untuk dapat melakukan ekspansi bisnisnya. Misalnya saja jika bisnis memiliki suatu produk unggulan, bukan tidak mungkin produk ini dapat menyasar hingga ke mancanegara yang menjadi tempat perputaran uang terbanyak. 

 

Jika dilihat dari manfaatnya, digitalisasi dalam bisnis sangat perlu dilakukan agar bisnis dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Konsep ini pastinya berbeda dengan bisnis zaman dulu yang dilakukan secara konvensional dan hanya dapat menjangkau calon konsumen pada area yang sangat terbatas. Untuk itu penting bagi Anda memilih teknologi yang tepat guna agar dapat merasakan manfaatnya bagi bisnis dengan baik. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim kami, sekarang juga!