Tingkatkan Orientasi terhadap Kepuasaan Pelanggan dengan Shared Services

Tuesday, 14 December 2021

Ketika sebuah bisnis mempunyai visi untuk pertumbuhan yang lebih menguntungkan, tentunya mereka akan mengambil keputusan dengan melakukan tindakan dan perubahan yang besar dalam mencapai tujuan. Beberapa di antaranya juga melakukan berbagai dukungan strategi bisnis dan mencoba memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggannya. 

Salah satu strategi yang saat ini mulai dilirik oleh pelaku bisnis adalah penggunaan layanan Shared Services. Shared Services merupakan fungsi terpusat dari suatu organisasi, di mana semua tanggung jawab back-office dikelola oleh pihak ketiga yang bersifat shared responsibilities dan accountability pada seluruh proses bisnis yang telah ditentukan batasan areanya. Melalui manfaat berikut ini, solusi Shared Services menjadi pilihan yang dapat membantu para pemilik bisnis memfokuskan sumber daya mereka dalam mencapai tujuan perusahaan dengan lebih baik. 

Konsolidasi berbagai aktivitas agar dapat fokus pada pengembangan bisnis

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan dan perkembangan bisnis. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, maka akan semakin banyak pelanggan bertahan dan meningkatkan pembelian kepada produk atau jasa tersebut. Melalui pemanfaatan shared services, pemilik bisnis dapat lebih fokus pada tujuan usaha dan melakukan pengaturan pelayanan pada pelanggan dengan lebih mudah. Pemilik bisnis juga akan dapat memahami dengan benar informasi tentang pengguna produk atau layanan, target pelanggan, hingga memikirkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pelanggan. 

Hal tersebut dapat terwujud karena pemanfaatan layanan Shared Services memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis mengkonsolidasikan berbagai tugas yang berulang dengan pelayanan yang lebih baik. Anda juga dapat mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi dalam internal bisnis dan membebaskan karyawan dari kegiatan yang menghabiskan waktu dan mengarahkan pada tugas-tugas yang lebih strategis dan Anda dapat lebih fokus pada pelanggan.

Pengalaman operasional bisnis yang lebih praktis dan efisien

Pemanfaatan Shared Services sangat erat kaitannya dengan transformasi digital. Melalui penggunaan layanan ini, pemilik bisnis dapat mengoptimalkan fungsi operasional perusahaan dengan penerapan resource sharing dan penggunaan beberapa aplikasi untuk menyederhanakan kompleksitas pekerjaan. Penggunaan layanan Shared Services ini pada dasarnya mengacu pada proses yang menggunakan strategi agar lebih efisien, dan secara drastis akan mengubah cara bisnis beroperasi, termasuk juga nantinya dalam perihal melayani pelanggan. 

Demi perkembangan bisnis yang signifikan, tentu pengurangan kompleksitas dalam operasional akan sangat diperlukan. Sebagai contoh bisnis yang berada di sektor publik misalnya, masih mengandalkan proses yang kompleks untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan proses organisasi dan peraturan. Di sini efisiensi dapat diciptakan dengan menghilangkan duplikasi dan tumpang tindih dari proses yang berbeda dengan digitalisasi pada proses yang selama ini mengandalkan metode konvensional. Jika hal ini dapat diterapkan karyawan sebagai pengguna layanan dapat memiliki pengalaman yang lebih praktis dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. 

 

Terlepas dari apapun bisnisnya, kita semua telah menyadari bahwa kita akan semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi agar lebih efisien dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Penggunaan layanan Shared Services merupakan salah satu bagian dari strategi yang menjadi sorotan bagi pemilik bisnis saat ini. Keuntungan penggunaan layanan yang satu ini telah terbukti dapat memberikan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai bidang kerja. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat Shared Services ini, penting bagi Anda untuk memilih partner yang terpercaya untuk operasional bisnis. Dapatkan informasi lebih lanjut bagaimana platform Shared Service dapat melakukan simplifikasi pada operasional perusahaan dengan lebih mudah di sini!