Tren Teknologi HR Terkini Mampu Dorong Peluang Baru pada Bisnis Anda

Monday, 10 January 2022

Memasuki tahun 2022 ini, kita masih berada pada era transformasi digital di berbagai bidang, khususnya juga di bidang sumber daya manusia (SDM). Beberapa penelitian menunjukan bahwa, 70% usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta perusahaan besar lainnya mulai memanfaatkan teknologi untuk mengelola proses SDM yang ada agar lebih cepat dan efisien. Selain itu, beberapa perusahaan juga mulai melirik teknologi digital pada bidang SDM untuk menjangkau fungsionalitas operasional bisnis perusahaan dan meningkatkan produktivitas. 

Di dunia bisnis saat ini, produktivitas tenaga kerja yang Anda miliki akan menjadi faktor terbesar untuk sebuah kesuksesan. Hasil survei menunjukkan bahwa 71% pelaku bisnis di seluruh dunia setuju bahwa mempertahankan dan melibatkan karyawan sangat penting untuk keberhasilan perusahaan mereka. Dengan kata lain, teknologi digital yang hadir saat ini memiliki fungsi yang dapat membantu proses SDM yang ada. 

Pada praktiknya bidang apapun termasuk bidang SDM tentu akan selalu memanfaatkan teknologi yang berkembang dan up-to-date. Berikut SISI telah merangkum beberapa tren yang muncul pada bidang SDM yang berkaitan dengan perkembangan digitalisasi saat ini:

 

Selalu update terhadap informasi

Teknologi digital SDM terkini mampu memahami dan mengotomatiskan tugas yang berulang sehingga dapat membebaskan lebih banyak waktu bagi tim SDM. Terlebih lagi, digitalisasi pada bidang SDM telah memungkinkan akses yang lebih mudah pada data dan visualisasi yang masing-masing saling terintegrasi antar departemen atau unit kerja dalam satu sistem secara real-time

Peningkatan keterlibatan karyawan

Penggunaan teknologi digital pada pengelolaan SDM juga memungkinkan karyawan untuk memiliki keterlibatan pada kinerja mereka melalui modernisasi proses. Sebagai karyawan, mereka dapat menambahkan informasi pribadinya dan juga mengetahui kapasitas mereka berdasarkan penilaian kinerjanya. Penggunaan teknologi semacam ini akan memudahkan manajemen dalam aktivitas pembelajaran dan perbaikan kualitas SDM pada perusahaan. Hal ini akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih dinamis dan karyawan dapat lebih fokus menampilkan performanya. 

Fleksibilitas pada sistem yang berbasis cloud

Kerja jarak jauh jelas sudah menjadi hal yang lumrah apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini. Walaupun beberapa waktu ini kondisi sudah mulai membaik dengan penurunan angka kasus COVID-19 di banyak wilayah, namun hal ini telah menciptakan kondisi normal yang baru, karena semakin banyak perusahaan telah beralih ke model yang mengutamakan kerja daring untuk karyawan mereka.  

Pemanfaatan teknologi pengelolaan HR berbasis cloud saat ini akan menciptakan standar operasional yang berbeda, sehingga unit SDM sebagai  pengelola dapat lebih mudah untuk mengevaluasi produktivitas dan keterlibatan. Dengan kondisi ini, proses manajemen SDM dengan kapasitas tim yang terdistribusi secara global dapat dikelola dengan lebih cepat dan mudah melalui berbagai aplikasi yang berbasis cloud. 

Dorong ciptakan peluang baru

Tidak dapat disangkal bahwa kemajuan pesat teknologi terkini akan mengubah sifat pekerjaan. Pekerjaan yang biasanya bersifat konvensional dapat dilakukan dengan cara yang lebih mutakhir. Hal ini akan menciptakan loyalitas karyawan terhadap perusahaan dengan mempersiapkan dan memfasilitasi SDM melalui teknologi yang lebih memudahkan pekerjaan mereka. 

Selanjutnya hal tersebut tentu  dapat mendorong tim SDM untuk lebih fokus untuk membangun keterampilan dan kompetensi yang lebih bagi para karyawan sehingga perusahaan dapat menjadi lebih fresh, tidak stuck di jalan, dan baik juga untuk kondisi psikologis para karyawan serta untuk kemajuan perusahaan. Kondisi tersebut akan memungkinkan perusahaan dapat menemukan peluang-peluang baru dalam mengembangkan perusahaan serta manajemen dengan lebih baik lagi.

 

Dengan memahami tren di atas dapatkah Anda memproyeksikan rencana dan tujuan perusahaan Anda ke depan? Apa pun visi perusahaan, tentunya Anda akan menjadi lebih siap untuk mewujudkan dengan memilih teknologi digital yang selaras dengan strategi Anda. Untuk itu penting bagi Anda menemukan platform dengan layanan dan fitur yang dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuannya dan beradaptasi dengan kebutuhannya seiring perkembangannya. Saat ini telah hadir FORCA HR, layanan aplikasi yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan SDM. Konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami sekarang juga!