Sambut Tahun Baru, Yudi Rustandi Telah Siapkan Strategi Penjualan

Friday, 30 December 2022

Menuju penghujung tahun 2022 ini, perencanaan dan strategi penjualan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan bisnis. Perencanaan ini merupakan suatu rencana yang berisi langkah-langkah, tujuan dan target yang ingin dicapai dalam kegiatan penjualan. 

Biasanya seseorang yang bertindak dalam penjualan akan menjawab pertanyaan apa saja, bagaimana, dan kapan strategi tersebut dilakukan, seperti sehari-hari yang dilakukan oleh Yudi Rustandi atau biasa akrab dengan Yudi salah satu Commercial Account SISI saat ini. Sejak bergabung sekitar Juni 2018 lalu, hari-hari Yudi disibukkan dengan perencanaan dan aktivitas penjualan.

Demi mencapai target penjualan, dirinya mengaku seringkali menentukan pasar secara spesifik. Agar penjualannya dapat berhasil secara maksimal, Yudi kerap menerapkan beberapa strategi ini. Strategi tersebut diawali dengan identifikasi prospek, kemudian menawarkan produk atau layanan kepada calon customer, dan mengeksplorasi beberapa strategi agar calon customer menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan. 

“Tidak semua strategi penjualan selalu berhasil dengan baik. Jadi untuk memastikan kita melakukan penjualan kepada calon konsumen yang tepat, kita harus mendorong diri untuk meneliti dan memastikan bahwa prospek yang akan diajukan telah memenuhi syarat sebelum mendiskusikan produk kita kepada calon customer,” ujar Yudi.

Menghadapi tahun 2023 yang sebentar lagi akan dijajaki, Yudi ingin meningkatkan sales growth-nya dengan fokus pada kekuatan bisnis perusahaan. Dirinya berprinsip pada slogan BANCT (budget, authority, needs, competitor, timelead) untuk melakukan berbagai aktivitas sales. Baginya meskipun berinovasi bisa mendatangkan pelanggan baru, tetapi fokus ke prinsip diatas dapat lebih menyumbang angka penjualan yang sama besarnya.

“Ketika menjalankan kegiatan penjualan tentu ada aspek kompetitor yang harus dipikirkan. Jika orang sudah mengetahui reputasi kita, terlebih lagi jika produk atau layanan teknologi relatif tidak murah. Jadi sebaiknya lebih baik fokus ke kekuatan bisnis saja. Jalani dengan optimal agar pelanggan selalu puas dan kita bisa terus memperluas jangkauan penjualan.” sambung Yudi.

Bagi Yudi, strategi penjualan adalah rencana berulang yang digunakan oleh tim penjualan untuk membuat pembeli mau menggunakan produk atau layanan. Dengan adanya hal tersebut, mencoba menjadi yang berbeda adalah jalan Yudi hadapi tahun mendatang. Berbagai upaya juga dilakukan untuk meningkatkan skill dan knowledge-nya, mengikuti berbagai pelatihan, memperluas networking, sampai ikut terjun langsung dalam kegiatan promosi yang diharapkan dapat meningkatkan sales growth-nya.