Seluk Beluk Modul Laporan dan Dashboard pada Firms dan Implementasinya
Pengelolaan risiko kini mulai dimudahkan dengan hadirnya berbagai aplikasi atau perangkat lunak. Berbagai pekerjaan manual yang awalnya membutuhkan waktu yang lama, tak terstruktur dan tak tercatat dengan rapi, kini dapat diselesaikan dengan dukungan teknologi menggunakan perangkat lunak.
Meski setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda, tetapi ada beberapa fitur penting dan wajib ada dalam aplikasi, mulai dari dashboard, heatmap, category list, hingga reporting.
Fitur-fitur ini ada untuk menambah perspektif juga fokus manajemen terhadap lini risiko yang akan atau sedang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Konsep dasar dari pengembangan fitur pengelolaan risiko ini agar bisa mengukur seberapa jauh tingkat risiko yang bisa dihadapi.
Masing-masing industri dihadapkan dengan risikonya masing-masing. Oleh sebab itu, Enterprise Risk Management (ERM) atau pengelolaan risiko perusahaan mendapatkan keunggulan sebagai komponen atau poin penting dari strategi bisnis sebuah perusahaan.
Salah satu aplikasi pengelolaan risiko yang ada di Indonesia yaitu Firms (Factually Integrated Risk Management System). Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam pengelolaan risiko perusahaan. Firms akan membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.
Keunggulan Firms yaitu aplikasi ini menghadirkan fitur penting seperti Risk Catalogue Management, Risk Assessment dan Reporting & Dashboard. Risk Catalogue Management membantu dalam mengelola risiko bisnis anda dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.
Risk Assessment memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal diantaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control. Sedangkan Reporting & Dashboard dapat menampilkan informasi real time yang membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk.
Fitur Reporting & Dashboard Firms
Fitur ini hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, yang dapat mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda. Fitur Reporting & Dashboard menyediakan berbagai kemudahan dalam mengelola risiko.
- All Department Dashboard
Fitur ini memuat berbagai jenis risiko yang mungkin dihadapi pada setiap divisi atau departemen. Hanya dengan satu klik, Anda bisa melihat jumlah risiko, jumlah mitigasi, hingga status profil risiko. Status yang tersedia mulai dari Done, Done (Late), Late, dan Upcoming.
Pengelompokan status risiko di setiap departemen bakal memudahkan para eksekutif atau pemangku kepentingan dalam menganalisis risiko mana yang mungkin harus diprioritaskan atau risiko apa saja yang nantinya bakal dihadapi perusahaan.
Selain tabel berisi semua risiko yang dihadapi perusahaan, ada juga realisasi pengendalian risiko baik di setiap unit maupun dalam bentuk data All Status. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam pengecekan per unit atau secara keseluruhan perusahaan.
- Unit Dashboard
Fitur Unit Dashboard dalam aplikasi Firms memungkinkan Anda untuk mengecek status dari setiap departemen. Jendela fitur ini berisi tabel yang di dalamnya tersedia tanggal, periodik, risiko, aktivitas, status, dan aksi.
Kolom tanggal berisi tanggal registrasi risiko, periodik berhubungan dengan interval risiko. Pada kolom aktivitas berisi laporan terkait risiko tersebut. Misalnya, menyampaikan laporan ke direksi tentang progres pekerjaan secara berkala. Pada kolom aksi berisi soal realisasi.
- Top 10 Risk
Dengan menggunakan Firms, Anda dengan mudah mendapatkan informasi atau data top 10 risiko. Dengan data ini, Anda bisa dengan cepat melakukan pelaporan hingga membuat perencanaan dalam menghadapi risiko.
Dengan menggunakan Firms, Anda dan perusahaan dapat menerima manfaat seperti adanya transparansi informasi. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi Anda dalam hal informasi risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.
Selanjutnya, Firms juga memberi kemudahan dalam melakukan analisis risiko. Anda dapat menganalisis risiko dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.
Perusahaan Anda juga bakal lebih transparan dalam hal informasi. Anda dan semua karyawan hingga pemangku kepentingan dalam perusahaan bisa mengakses semua informasi risiko karena fitur ini terintegrasi dengan unit kerja lain. Setiap divisi atau departemen bisa saling memberi respons terkait cara mengurangi risiko di divisi lain.
Dan akhirnya, ketika adanya transparansi, analisa yang terstruktur serta sistem yang sudah terintegrasi, Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan membuat mitigasi risiko yang lebih terencana.
Ingin mengetahui fitur aplikasi Firms yang lain dan berbagai kemudahan yang tersedia di aplikasi ini termasuk informasi lainnya terkait Enterprise Risk Management, silahkan klik di sini.