whatsapp-image-2017-10-24-at-12-55-41Solo, 26 Oktober 2017 – Bertempat di Hotel Alila Solo, sejumlah distributor hadir dalam kegiatan sosialisasi implementasi ERP yang diadakan oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Sebelumnya, rangkaian kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kantor Jakarta, Padang, dan Gresik untuk sebagian distributor wilayah Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Menyongsong tahun 2020, persaingan bisnis terutama antar perusahaan semen akan semakin ketat. Banyaknya kompetitor pada industri semen bahkan semen asing, menyebabkan Semen Indonesia harus benar-benar meningkatan daya saing dan memperkuat rantai pasok. Pembangunan infrastruktur seperti armada, dan sumber daya manusia pun telah dilakukan.

Melihat kondisi saat ini, konsumen khusunya di Indonesia telah menjadi konsumen cerdas. Lingkungan dan perubahan zaman yang telah beralih ke ranah digital tentunya sangat berpengaruh terhadap perilaku pembelian kosumen. Konsumen menuntut kecepatan pembelian, dan service level yang tinggi. Keadaan tersebut tentunya juga akan mempengaruhi pola bisnis PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Enterprise Resource Planning, dipilih untuk memperkuat supply chain Semen Indonesia. Sistem ERP, akan mengintegrasikan proses bisnis dan distribusi semen dari hulu ke hilir mulai dari input, proses, sampai output. Mulai dari pembelian barang, gudang, hingga delivery ke pasar.

whatsapp-image-2017-10-24-at-12-55-47 whatsapp-image-2017-10-26-at-09-32-54

Integrasi antara Toko, Distributor, dan Semen Indonesia Menjadi Poin Penting

Toko, Distributor, dan Semen Indonesia akan disatukan dalam sistem ERP. Hal tersebut juga menjadi alasan kuat mengapa Semen Indonesia memilih menggunakan FORCA ERP. ERP buatan dalam negeri ini, selain memuat peraturan lokal seperti perpajakan, juga  akan menjadi jembatan antara Semen Indonesia dan Distributor hingga ke Toko. Menurut Wisnu Wardhana, Bagian Riset Pasar Semen Indonesia, Toko Besar atau langganan tetap Semen Indonesia saat ini telah menggunakan aplikasi FORCA PoS.

Semen Indonesia, memiliki tujuan untuk meng “empower” Distributor agar dapat mengelola data dengan baik, mengetahui keunggulan dan celah bisnis, dan dapat memiliki strategi yang unggul kedepan. Oleh karena itu, Semen Indonesia akan mendukun penuh transformasi digital pada seluruh rantai pasok.

Kecepatan dan transparansi dari sisi keuangan Distributor adalah hal utama dalam menjalakan bisnis. “Dengan penggunaan FORCA ERP, diharapkan pengelolaan perusahaan akan lebih efektif dan efisien. Dan tentunya, kita akan menjadi lebih kuat” Tutur Hendri Erza, Kepala Seksi Data & Riset Pemasaran Semen Indonesia.

Program yang dicanangkan bagian riset pemasaran inipun mendapat sambutan positif dari sebagian besar Distributor yang hadir. Pengalaman penggunaan FORCA ERP pada Distributor sebelumnya, menambah keyakinan para BOD Distributor untuk meminta agar segera diimplementasikan FORCA ERP. Sistem ERP memang akan sangat membantu pekerjaan yang selama ini dilakukan. Otomasi proses bisnis, percepatan, data-data real, hingga integrasi dengan sIstem Semen Indonesia menjadi strategi yang sangat mumpuni.