3 Fitur Utama Software ERM Firms & Implementasinya yang Perlu Anda Perhatikan

Friday, 13 January 2023

Enterprise Risk Management (ERM) terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan pengelolaan risiko. Dunia yang terus berkembang mendorong proses identifikasi, analisis dan evaluasi pengelolaan risiko pun terus berkembang. Jika sebelumnya, proses ini dilakukan secara manual, maka berkat perkembangan teknologi saat ini, proses manajemen risiko dapat memanfaatkan perangkat lunak atau software ERM.

Perangkat lunak ERM dapat membantu Anda dan perusahaan agar semakin siap dalam menghadapi berbagai ancaman dari internal maupun eksternal. Serta risiko-risiko yang berpotensi mengancam perusahaan.

Firms atau Factually Integrated Risk Management System adalah salah satu aplikasi Enterprise Risk Management. Firms membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

 

Firms dilengkapi fitur-fitur canggih dan lengkap sehingga pengelolaan risiko semakin rinci dan detail. Firms memiliki tiga fitur utama yang menjadi keunggulannya yaitu:

  1. Risk Catalogue Management

Fitur ini bakal membantu Anda dalam mengelola risiko bisnis dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management diantaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.

Master Risk merupakan master data yang akan menyimpan semua katalog risiko yang ada pada sebuah perusahaan. Pada Master Risk, risiko dapat dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan standar perusahaan.

Selanjutnya, Heatmap Management merupakan fitur yang digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan. Peta risiko dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matriks yang sesuai dengan standar perusahaan.

Role Management adalah fitur yang digunakan untuk mengatur peran pada setiap karyawan yang terlibat dalam proses penentuan risiko pada suatu perusahaan. Peran yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Creator, Reviewer, dan Approver.

Sedangkan Corporate Risk merupakan sebuah dashboard risiko yang memunculkan risiko-risiko yang di-highlight suatu perusahaan. Corporate risk merupakan integrasi dengan risiko-risiko yang telah dimasukkan dalam unit kerja didalamnya.

  1. Risk Assessment

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control. Risk Assessment penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan menganalisis apa yang bisa dilakukan jika bahaya terjadi. Risk Assessment merupakan metode yang banyak digunakan pada berbagai perusahaan.

Sedangkan Risk Control berfungsi dalam mengontrol risiko-risiko yang akan atau sedang dihadapi perusahaan. Fitur ini bisa digunakan oleh manajer risiko hingga pemangku kepentingan dalam mengontrol risiko perusahaan. Sementara Report Control bakal digunakan oleh pemangku kepentingan atau para eksekutif dalam mengambil keputusan yang tepat agar tidak merugikan perusahaan.

  1. Reporting & Dashboard

Menampilkan informasi real time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk. Dashboard merupakan fitur yang digunakan untuk memunculkan hasil pengisian dan monitoring risiko pada unit kerja suatu perusahaan.

Demikian tiga keunggulan aplikasi Firms yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko untuk bisnis yang berkelanjutan. Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, dapatkan manfaat Factually Integrated Risk Management System untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Dengan tiga fitur utama di atas, diharapkan perusahaan Anda mendapat manfaat seperti dapat mengetahui risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time dan kemudahan akses antar Corporate Risk dan Operational Risk dapat memberikan respons yang tepat dalam mengurangi risiko.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Firms yaitu mitigasi risiko yang lebih terencana akan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas. Serta, analisis risiko dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

Dengan manfaat di atas, Anda bisa mengimplementasikan Factually Integrated Risk Management System untuk memudahkan proses pengelolaan risiko. Dalam implementasi Firms, terdapat lima tahapan atau workflow yang harus Anda ketahui. Berikut tahapan workflow Firms:

  1. Submitted by Creator
  2. Approval by Risk Owner
  3. Approval by Risk Coordinator
  4. Review by Risk Manager
  5. Risk Register

Pada implementasi Firms, jika risiko yang disubmit ditolak oleh risk owner, maka prosesnya dikembalikan ke creator. Demikian juga jika tidak mendapat approval dari risk coordinator maka alur kerja dikembalikan ke risk owner. Semua dilakukan berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Enterprise Risk Management sebagai solusi untuk bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.