4 Manfaat ERP Approval bagi Otomatisasi Proses Bisnis

Friday, 20 January 2023

Perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang dapat mengotomatisasi proses bisnis secara terintegrasi dengan alur approval (persetujuan) yang lebih efisien. ERP menyediakan workflow yang lebih ringkas dengan adanya fitur e-approval (persetujuan online).

Proses approval yang dulunya dilakukan manual dengan penandatanganan dokumen pada kertas sekarang bisa dilakukan secara online tanpa harus mencetak dokumen dan menemui langsung personil yang mempunyai wewenang memberi persetujuan untuk meminta tanda tangan.

 

Dengan penggunaan approval pada ERP perusahaan bisa mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya:

  • Mempercepat proses bisnis

E-approval dinilai mampu mempercepat proses bisnis dan operasional hariani. Dengan proses approval yang bisa dilakukan secara online maka pegawai tidak perlu lagi mencetak dokumen yang akan ditandatangani. Selain itu, pegawai juga tidak perlu bertemu langsung dengan pemberi approval karena bisa dilakukan dari komputer masing-masing dengan waktu yang lebih cepat.

  • Fungsi kontrol terjaga

Dengan penerapan fitur yang ada pada ERP, perusahaan bisa mengatur ketentuan approval supaya tidak terjadi penyalahgunaan. Fitur approval pada ERP memungkinkan untuk dilakukan konfigurasi untuk mengatur alur approval dengan tingkatan yang jelas.

  • Keamanan informasi terjaga

Sistem approval yang dilakukan secara online dan digital akan memberikan keamanan yang lebih baik. Dengan tidak lagi menggunakan kertas untuk media approval maka akan mengurangi rusak atau hilangnya dokumen tertentu ataupun disalahgunakannya dokumen oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Ramah lingkungan

Dengan diterapkannya approval online perusahaan tidak lagi memerlukan kertas ataupun map plastik karena proses approval dilakukan secara digital. Dengan demikian akan lebih ramah lingkungan.

 

Demikian beberapa manfaat yang dapat didapat oleh perusahaan dengan penerapan fitur e-approval di ERP. Konfigurasi juga bisa dilakukan sesuai dengan sistem yang ingin diterapkan oleh para penggunanya.

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model layanan atau SaaS (Software as a Service), yaitu layanan software sistem ERP secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support atau helpdesk operasional 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur sehingga terjaga tetap up to date.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.