Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Penerapan Shared Services bagi Perusahaan?

Tuesday, 10 January 2023

Sudah bukan rahasia lagi bahwa perusahaan multinasional yang sudah menerapkan model shared services berhasil menghemat pengeluaran operasional mereka. Proses penunjang bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagian besar perusahaan mulai menggunakan shared services center untuk aktivitas finance, HR, IT, serta asset management. Tujuan utama penggunaan shared service center adalah mendorong setiap anak perusahaan ataupun anak cabang untuk lebih fokus pada proses inti bisnis mereka masing-masing.

Kemajuan bidang teknologi sekarang ini juga sangat mendukung untuk implementasi shared services. Dengan pemanfaatan teknologi terkini penyedia shared service center bisa memberikan otomasi untuk proses-proses berulang, selain itu kecepatan dan ketepatan data juga lebih terjamin. Hal tersebut tentunya sangat membantu sumber daya manusia untuk lebih fokus pada proses lain yang dapat membantu proses inti bisnis.

Untuk sukses dalam menerapkan model shared services perusahaan akan menghadapi banyak tantangan. Perusahaan multinasional harus menyiapkan perubahan pada sistem organisasi mereka, desain proses, dan penerapan inovasi teknologi. 

 

Dengan persiapan yang matang maka perusahaan bisa mendapat keuntungan fungsi kontrol yang lebih mudah, pengurangan proses-proses berulang yang tidak diperlukan, dan pengambilan kebijakan yang lebih akurat.

  1. Persiapan struktur organisasi

Untuk persiapan implementasi shared services, perusahaan harus memahami perubahan struktur organisasi yang akan terjadi meliputi divisi yang akan dipindahkan prosesnya pada shared services center. Kegiatan penunjang operasional bisnis yang berorientasi pada proses seperti finance & accounting, HR, asset management harus sudah siap untuk menerima standarisasi sistem yang baru demi meningkatkan efektifitas proses. Baik perusahaan induk maupun anak perusahaan harus siap dengan perubahan struktur setelah pemusatan proses bisnis.

  1. Standarisasi sistem

Perusahaan harus melakukan standarisasi sistem dalam proses penunjang bisnis mereka untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan dalam proses tersebut. Dengan standarisasi sistem (prosedur, perangkat lunak, perangkat keras) akan menghasilkan ketepatan informasi sebagai dasar analisa untuk pembuatan kebijakan.

  1. Penerapan inovasi teknologi

Standarisasi sistem membutuhkan dukungan berbagai penerapan teknologi terkini sebagai faktor utama dalam mencapai efisiensi dan efektivitas proses bisnis.

Sebagai contoh proses dengan pencatatan berulang dan kompleks pada proses finance dan HR akan sangat terbantu dengan adanya sistem database menggunakan teknologi digital. Pemprosesan data akan menjadi lebih efektif dan akurat dengan cara digital dibandingkan dengan cara manual tentunya.

 

Untuk itulah perusahaan multinasional harus mulai berbenah untuk meningkatkan efektivitas kinerja mereka. Model shared services yang terbukti berhasil memberikan solusi untuk meningkatkan efektifitas proses penunjang bisnis pada perusahaan holding multinasional bisa jadi solusi untuk perusahaan Anda.

Sebagai penyedia layanan shared services, SISI saat ini sudah memiliki kesiapan dalam pelaksanaan standarisasi sistem dengan penerapan teknologi terkini. Hal ini bisa menjadi solusi untuk implementasi model shared service pada perusahaan anda.

Jika Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, silakan hubungi kami di sini.