Bagaimana Memilih Konsultan E-Procurement yang Berpengalaman dan Berkualitas?

Monday, 27 February 2023

Kecepatan perubahan yang didorong oleh dekade transformasi industri, berkat revolusi digital terus meningkat. Munculnya teknologi baru dalam bisnis terkait pengadaan konvensional menjadi suatu hal yang tak terelakkan. Sebab, aplikasi e-procurement memang lebih bisa diandalkan dalam hal efisiensi. Atas kebutuhan tersebut, konsultan khusus bidang pengadaan yang memiliki spesialisasi dalam transformasi digital memang dicari.

Ketika Anda mencari penasihat atau konsultan pengadaan, Anda harus terlebih dahulu bertanya apa hasil yang ingin Anda capai dengan melibatkan konsultan. ​Sebagian besar konsultan e-procurement membawa organisasi untuk membantu digitalisasi dan otomatisasi dari proses yang sebelumnya masih manual.

 

Konsultan pengadaan yang baik dapat membantu Anda mengembangkan strategi transformasi digital yang disesuaikan dengan proses pengadaan Anda, misalnya:

  • Otomatisasi proses
  • Manajemen hubungan pemasok
  • Dasbor pengadaan
  • Portal pengadaan
  • Sumber dashboard KPI
  • Audit pemasok
  • Perangkat lunak pelacakan penghematan pengadaan
  • Desain organisasi
  • Seleksi dan implementasi teknologi

 

Bagi pimpinan organisasi rantai pasok besar atau kantor pengadaan, dalam mencari konsultan keahlian untuk pengadaan mereka cenderung fokus pada konsultan generalis yang sudah terkenal.

 

Lalu apa sebenarnya kriteria yang dicari untuk keahlian konsultan pengadaan? Konsultan pengadaan harus dapat memberikan:

  1. Solusi transformasi end to end.
  2. Pengetahuan mendalam tentang tantangan spesifik Anda.
  3. Pengalaman luas dalam transformasi pengadaan.
  4. Kemampuan internal, dari kode khusus hingga desain dan arsitektur sistem.
  5. Integrasi API-first dengan semua penyesuaian.
  6. ​Beradaptasi dengan cara kerja bisnis Anda, bukan memaksakan bisnis Anda ke platform siap pakai.
  7. Ketersediaan langsung untuk bekerja dengan tim teknologi, Chief Information Officer (CIO), dan kepemimpinan Anda untuk memahami spesifikasi Anda yang tepat dan dengan cepat mulai mengeluarkan hasil dengan dampak bisnis yang nyata.
  8. Tolok ukur yang jelas untuk sukses.
  9. Studi kasus kompetensi sebagai pemain kelas dunia.
  10. Kolaborasi bekerja dengan tim Anda.
  11. Sebuah model pengiriman layanan.
  12. Wawasan untuk mendorong inovasi dan mengurangi risiko.

 

Banyak yang dipertaruhkan saat Anda memulai proses transformasi pengadaan jangka panjang. Untuk mengurangi risiko proyek Anda, mulailah dari yang kecil dalam proses yang gesit untuk mendapatkan dampak bottom line dengan cepat dan uji coba bagaimana konsultan pengadaan dan tim Anda bekerja sama. Setelah beberapa keberhasilan telah dicapai, sekarang saatnya untuk memanfaatkan semua yang dapat ditawarkan oleh digitalisasi.

Beberapa aplikasi e-procurement bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) saat ini telah menghadirkan Procsi sebagai solusi e-procurement bagi bisnis Anda. Aplikasi ini membantu optimalisasi supply chain serta meningkatkan produktivitas bisnis.

Procsi merupakan solusi terbaik bagi proses pengadaan yang menjadi salah satu pilar dalam supply chain management perusahaan. Melalui kemudahan sistem yang ditawarkan, perusahaan dapat melakukan pengadaan secara digital, interaktif, dan terintegrasi.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai Procsi, dapat menghubungi kami di sini.