Daftar Perusahaan Kelas Dunia Terapkan Shared Services, Mau Tahu Apa Saja?
Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat menantang bagi banyak orang dengan terhambatnya operasional bisnis normal akibat pandemi COVID-19. Berbagai pembatasan pergerakan manusia menjadi kewajiban seperti PPKM, work from home, perencanaan ulang rencana kelangsungan bisnis karena kita dilanda pandemi COVID-19.
Namun, masa pandemi tersebut malah membuktikan betapa tangguh dan kritisnya model shared services dan global business services (GBS). Selama masa-masa sulit dan tidak pasti, dan bagaimana mereka dapat menjadi kunci untuk pertumbuhan bisnis di masa depan.
Perusahaan top dunia telah mempelajari salah satu data tolok ukur yang paling berharga dan dicari dalam rangka peningkatan bisnis adalah shared services. Selain itu, layanan shared services ini didukung dengan kerja keras tim juga merupakan kunci mereka bisa bertahan melewati masa sulit saat pandemi.
Berikut beberapa contoh perusahaan yang sudah sukses menerapkan shared services:
- AkzoNobel
- Ascension Ministry Service Center
- Avis Budget Group
- Boston Scientific
- British American Tobacco – GBS
- Celestica
- Coca-Cola Business Services
- Discovery Inc
- Eli Lilly
- ESAB
- Experian
- Kimberly-Clark Corporation
- Lion
- Mars Global Services of Mars, Incorporated
- McDonald’s
- Michelin Corporate & Business Services
- Mondelēz International
- Sonae MC
- Tesco Business Services (Part of Tesco PLC)
Lebih dari 50 persen perusahaan menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia shared services center, baik outsourcing regional atau global.
Proses yang paling banyak dipindahkan pada shared services center di antaranya:
- Divisi IT (mis. Infrastruktur, Aplikasi Pemeliharaan)
- Memperluas ke pemrosesan penggajian (mis. Pemrosesan Penggajian Sistem)
- Transaksi keuangan (mis. Akun Utang, Buku Besar)
- Pengadaan (mis. Pesanan Pembelian Pengolahan).
- Fasilitas manajemen, logistik dan manajemen armada.
Dengan pemanfaatan shared services center untuk pelaksanan proses pendukung bisnis mereka, perusahaan berhasil memangkas biaya dan meningkatkan kualitas proses bisnis sehingga membantu mereka bertahan saat pandemi.