FORCA PROC, Aplikasi Pengadaan Bisnis yang Simpel tapi Akuntabel

Monday, 12 June 2023

Pesatnya digitalisasi di era ini telah mengubah cara hidup, pola pikir, dan bekerja kita dalam kehidupan. Tak terkecuali dalam bisnis, perkembangan teknologi digital kini merupakan bagian dari revolusi industri yang sudah berlangsung dengan beberapa tahapan.

Dalam bisnis, digitalisasi berbasis akses internet memungkinkan berbagai prosesnya untuk memanfaatkan software yang memudahkannya. Salah satunya pada proses bisnis procurement. Saat ini ada berbagai pilihan software untuk mendukung kemudahan dalam procurement, salah satunya aplikasi yang dikembangkan oleh SISI yakni, FORCA PROC. FORCA PROC merupakan sebuah software aplikasi e-procurement untuk membantu optimalisasi supply chain dan meningkatkan produktivitas bisnis. 

 

Simak berikut beberapa manfaat dari FORCA PROC;

  1. Transaksi lebih cepat

Sebagian besar proses pengadaan sering memakan waktu yang cukup lama karena prosesnya yang cukup panjang dan membutuhkan dokumen fisik yang banyak. Namun dengan aplikasi FORCA PROC, semua proses tersebut bisa dilakukan lebih cepat. Aktivitas tentang pencarian produk, harga, spesifikasi, dan vendor lebih mudah karena semua telah tersedia online. Proses transaksi pengadaan juga sama cepatnya seperti belanja online. Persetujuan dari atasan juga dapat dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja.

  1. Menghemat waktu dan biaya

Sistem aplikasi FORCA PROC secara proaktif menjalankan operasional lebih baik karena pengguna dapat mengetahui dan menyetujui biaya sebelum dikeluarkan berdasarkan data yang sangat rinci. Pengguna FORCA PROC dapat mengumpulkan, menganalisa, dan bertindak mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat dan real-time. Dengan data yang akurat ini potensi perusahaan untuk mengurangi biaya akan berkurang secara signifikan.

Pengadaan dengan FORCA PROC dapat menghemat waktu dan tenaga karyawan. Semua informasi pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan terdapat dalam dashboard yang dapat diakses secara real-time. Catatan terkait histori transaksi juga tercatat dalam sistem sehingga memudahkan Anda mengajukan pengadaan kembali atau sekedar melihat histori. Proses pembelian juga bisa dilakukan kapan saja selama ada koneksi internet.

  1. Menghindari Fraud

Proses pengadaan seringkali diwarnai tindak kecurangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan aplikasi FORCA PROC pengguna dapat melakukan pencatatan dalam sistem sehingga memudahkan untuk membuat dan menganalisa laporan. Seluruh prosedur dan proses pengadaan dapat dilakukan secara transparan. Setiap detail transaksi dapat diawasi dan karyawan dapat meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpangan. 

 

Terdapat berbagai macam keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan aplikasi FORCA PROC dalam proses transaksi pengadaan bisnis. Agar lebih detail mengetahui dampak dari penggunaan aplikasi FORCA PROC ini, pelajari beberapa fitur-fiturnya berikut;

 

Vendor Management

Dalam dunia pengadaan yang semakin kompleks, dibutuhkan aplikasi guna mengelola berbagai macam vendor yang berpartisipasi dalam pengelolaan pengadaan, d iantaranya online registration, vendor qualification, hingga vendor performance. Pengelolaan vendor yang baik akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan pemasok yang andal, kompetitif, dan juga tepat guna.

 

Tender Management

Melalui fitur Tender Management, Anda dapat menyederhanakan pengerjaan procurement mulai dari persiapan dokumen, bertemu dari vendor satu dengan vendor lainnya, dan masih banyak lagi. Pada fitur ini Anda dapat melakukan purchase requisition, hingga pelaksanaan pengadaan yang mencakup undangan tender, aanwijzing, quotation, bid opening, negosiasi, evaluasi hingga penetapan pemenang.

 

Invoice management

Setiap proses transaksi pasti membutuhkan invoice. Pada aplikasi FORCA PROC terdapat fitur Invoice Management yang memudahkan Anda dalam mengelola invoice mulai dari pemantauan tagihan, hingga verifikasi yang lebih transparan, efektif serta efisien.

 

Expediting management

Proses pengadaan dengan aplikasi FORCA PROC disinyalir akan lebih banyak memberikan dampak yang besar bagi perusahaan. Salah satu fitur penting pada aplikasi FORCA PROC yakni Expediting Management. Pada fitur ini, Anda dapat melakukan pemantauan segala transaksi pengadaan yang sedang diproses. Anda juga dapat melakukan komunikasi dengan vendor pada menu ini.

 

Dashboard

Kecepatan dan transparansi atas dukungan aplikasi FORCA PROC dalam proses pengadaan akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan melalui fitur dashboard ini, Anda akan memperoleh berbagai informasi yang dapat diakses dari mana saja secara realtime. Informasi pada fitur dashboard dapat menghilangkan aktivitas yang tidak perlu dan memungkinkan Anda untuk terpusat pada tugas yang lebih penting.

 

Dalam penerapannya, implementasi aplikasi FORCA PROC memungkinkan terjadinya otomatisasi proses bisnis procurement dengan lebih cepat dan efisien. Penyederhanaan dan pelaksanaan secara online akan meningkatan kecepatan dan ketepatan, yang berdampak pada pengurangan biaya operasional. FORCA PROC dapat meningkatkan kontrol terhadap berbagai proses pengadaan dengan lebih mudah. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai aplikasi FORCA PROC? Silakan hubungi kami segera.