Kegunaan Software ERP untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Tuesday, 14 March 2023

Jumlah kasus baru Covid-19 yang kian menurun dan aturan pembatasan sosial yang dicabut, membuat para pebisnis kuliner mulai kembali membuka kedai, warung, kafe dan restorannya. Industri food and beverage kembali menggeliat.

Namun tak dapat dipungkiri, menjalani bisnis makanan dan minuman tidaklah mudah. Di era yang serba cepat seperti saat ini, mendorong pebisnis makanan dan minuman untuk ikut bergerak cepat, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi seperti software ERP.

Enterprise Resource Planning (ERP) atau perencanaan sumber daya perusahaan adalah sebuah sistem informasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengintegrasi berbagai proses dalam bisnis.

Software ERP yang berbasis cloud ini dapat menyediakan ragam fleksibilitas kepada penggunanya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur sesuai dengan kebutuhannya serta dapat digunakan di mana saja.

Misalnya, dengan menggunakan software ERP, pengusaha makanan minuman dalam mengolah data serta mengontrol kegiatan sehari-hari. Sistem yang terintegrasi tak hanya dapat mengoptimasi produksi makanan, tetapi juga mempermudah proses pembelian serta manajemen gudang.

 

Berikut deretan kegunaan dari software ERP untuk bisnis makanan dan minuman:

  1. Mengelola Penjualan

Pada sisi penjualan, software ERP akan membantu Anda dalam mengelola divisi penjualan. Anda dapat dengan mudah melacak hasil penjualan setiap sales, divisi hingga keseluruhan penjualan.

Dengan mengetahui kondisi divisi penjualan, Anda akan mendapat gambaran kondisi penjualan. Hal ini dapat membantu Anda dalam melakukan analisis untuk meningkatkan produktivitas tim sales.

Selain itu software ini juga membantu dalam menganalisis pemasaran yang paling efektif sesuai dengan kondisi perusahaan.

  1. Mengelola Stok

Software ERP membantu Anda dalam mengelola stok makanan. Software ini akan melakukan pelacakan secara efektif mulai dari pelabelan hingga dokumentasi secara rinci untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

Dengan mengetahui kondisi stok makanan, data yang berhubungan dengan waktu, manajemen maupun alur perpindahan stok makanan pun dapat dilakukan tepat waktu untuk menghindari masalah kontaminasi atau pembusukan makanan.

  1. Keamanan dan Regulasi Makanan

Keamanan makanan adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis makanan dan minuman. Penting bagi para pebisnis makanan dan minuman untuk mengikuti protokol keamanan makanan dari US Food and Drug Administration mengenai regulasi kemasan dan pelabelan, bahan baku, peringatan alergi, hingga petunjuk penyimpanan.

Dengan menggunakan software ERP, Anda tak perlu khawatir karena semua regulasi dari kemasan hingga penyimpanan bakal dicatat oleh software.

  1. Menghindari Penarikan Makanan

Salah satu masalah dalam bisnis food and beverage atau F&B adalah penarikan makanan. Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab penarikan makanan, misalnya kontaminasi, alergi hingga pelabelan kemasan yang tidak tepat.

Software ERP dapat membantu pebisnis makanan dan minuman dengan menyediakan data cepat soal penarikan makanan. Sehingga masalah ini bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

  1. Manajemen Resep

Terkait resep, software ERP dapat mencatat segala perubahan yang terjadi saat produksi makanan. Manajemen resep ini memiliki peran penting dalam bisnis agar tetap menjaga kualitas, konsistensi dan riwayat produk.

  1. Packaging

Kegunaan ERP dalam bisnis makanan dan minuman yaitu pelabelan serta packaging produk. Proses ini memegang peran penting karena berguna untuk melindungi makanan atau minuman dari kontaminasi atau kerusakan. Selain itu, konsumen juga dapat melihat komposisi dan data nutrisi yang terkandung dalam produk tersebut.

 

Hal yang Harus Dipertimbangan sebelum Beli Software ERP

Sebelum membeli software ERP, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Buatlah daftar kebutuhan perusahaan agar dapat memilih software ERP yang tepat.

Selain itu, pertimbangkan harga dan kualitasnya. Harga dan kualitas adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Meski tak semua barang mahal itu berkualitas, tetapi sebagian besar barang berkualitas memiliki harga yang mahal.

Pertimbangan berikutnya yaitu sistem ERP yang menawarkan mobilitas yang tinggi. Artinya pilihlah ERP yang dapat dioperasikan menggunakan laptop, tablet maupun smartphone.

Terakhir, jangan lupa untuk memastikan semua data yang ada di dalam perangkat tersebut aman.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan software ERP sebagai solusi bagi proses bisnis makanan dan minuman yang berkelanjutan, silakan klik di sini.