Kelola Customer Anda Lebih Baik dengan Aplikasi CRM

Monday, 3 April 2023

Kini kemajuan teknologi dan internet tidak dapat dipungkiri telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan operasional bisnis, terutama dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Dengan adanya hal ini, penggunaan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) diyakini mampu menjadi solusi untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Lantas apa sebenarnya tugas dan fungsi Customer Relationship Management dalam bisnis?

CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah istilah bisnis yang mengacu pada pengelolaan kegiatan pemasaran bisnis. Anda dapat mengelola kegiatan bisnis mulai dari identifikasi calon pelanggan hingga membangun loyalitas pelanggan dengan bantuan aplikasi CRM ini. Software CRM menggabungkan beberapa kebijakan, proses, hingga strategi dalam sebuah kesatuan yang saling terintegrasi. 

 

Berikut beberapa komponen penting yang terdapat dalam aplikasi CRM:

  1. Manajemen

Dengan bantuan aplikasi CRM kini Anda dapat mengelola kegiatan pemasaran dengan lebih baik. Software ini mampu mengumpulkan data pelanggan secara otomatis sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Aplikasi CRM memiliki kemampuan untuk melacak serta menangani testimoni pelanggan terkait produk, atau layanan bisnis Anda dengan lebih mudah. Hal ini berguna untuk bisnis Anda dalam membangun keunggulan yang kompetitif.

  1. Hubungan

Hubungan pelanggan yang baik dibangun dari pengalaman bisnis Anda yang konsisten dan memiliki kredibilitas. Di sinilah peran aplikasi CRM sangat diperlukan dalam memelihara hubungan baik terhadap pelanggan. Melalui aplikasi CRM Anda dapat mengetahui minat dan behavior pelanggan terhadap suatu produk atau jasa. Berdasarkan data-data yang terekam dalam database CRM Anda dapat dengan mudah melakukan penyusunan strategi untuk promosi, strategi penjualan, dan sejenisnya.

  1. Pelanggan

Pelanggan merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah bisnis.  Itu sebabnya, sebuah perusahaan harus memahami kebutuhan, pola pembelian, preferensi, dan alasan pelanggan membeli dan menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. Aplikasi CRM dapat mengakomodir kebutuhan tersebut dengan lebih mudah. Seluruh informasi yang diperoleh dari pemnafaatan aplikasi CRM ini akan membantu perusahaan dalam menghadirkan produk atau jasa yang sesuai kebutuhan pelanggan. 

 

Dalam praktik penggunaan aplikasi CRM, Anda juga harus memahami proses kerja aplikasi ini tentunya. Anda dapat memulainya dengan memahami beberapa tahapannya seperti berikut ini:

  1. Memperoleh Pelanggan yang Baru (Acquired)

Aplikasi CRM merupakan aplikasi pengembangan penjualan berdasarkan prospek keberhasilan dan kegagalan, total kesepakatan, berbagai pencapaian target, serta data-data lain dari pelanggan yang meliputi di dalamnya. Dengan memanfaatkan aplikasi CRM perusahaan dapat mencatat semua peluang penjualan bahkan dari pelanggan yang baru.

Namun bukan perkara mudah untuk memperoleh pelanggan yang baru. Anda harus giat melakukan berbagai promosi dan melakukan pendekatan dengan customer. Dari sisi produk atau layanan juga harus ada peningkatan yang lebih baik.

  1. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Melalui penggunaan aplikasi CRM Anda dapat mengelola secara mendalam seluruh data pelanggan. Software ini mampu mendukung hubungan bisnis dengan pelanggan yang lebih baik. Contohnya Anda dapat melakukan strategi pendekatan melalui dua cara yakni up selling dan cross selling. 

Up selling sendiri merupakan sebuah strategi di mana Anda menawarkan produk yang sama, akan tetapi memiliki kualitas yang lebih baik. Sedangkan untuk strategi cross selling merupakan sebuah strategi di mana Anda menawarkan produk atau layanan pelengkap dari produk yang dimiliki oleh pelanggan. Kedua strategi ini diyakini mampu mendorong peningkatan layanan pelanggan dan penjualan bisnis sehingga profit bisnis pun akan meningkat. 

  1. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Kini penerapan aplikasi CRM sangat dibutuhkan bisnis untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas ke depannya. Sistem aplikasi CRM memudahkan Anda dalam menyusun strategi yang lebih fokus pada manajemen hubungan pelanggan dari mengubah leads menjadi sebuah kerjasama yang menguntungkan. 

Namun disamping dengan dukungan aplikasi yang bermanfaat, Anda juga harus menyediakan sedikit waktu pendekatan untuk mendengarkan feedback dari pelanggan, sehingga kepercayaan dan loyalitas dapat ditingkatkan. Penerimaan informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut.

 

Itu tadi beberapa hal penting bagi Anda dalam mengelola customer. Dengan menggunakan aplikasi CRM, Anda dapat memiliki strategi yang kuat dan memungkinkan untuk membangun koneksi yang dipersonalisasi dengan pelanggan. 

Saat ini kami telah menghadirkan aplikasi FORCA CRM yang dapat membantu bisnis Anda menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Kemampuannya dalam mengotomasi seluruh interaksi dapat membantu memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, peningkatan produktivitas, serta visibilitas yang baik dalam bisnis. Untuk kebutuhan CRM bagi bisnis Anda, hubungi kami sekarang juga!