Sumber Daya Manusia Kunci Transformasi Digital Shared Services

Monday, 3 April 2023

Belakangan shared services sudah menjadi model bisnis yang multifungsi dengan penerapan teknologi terkini sebagai penunjang transformasi proses bisnis. Dari hasil survei Deloitte “2019 Global Shared Services” yang dirilis di Wall Street Journal, terungkap bahwa semakin banyak perusahaan yang memindahkan proses penunjang bisnis mereka pada shared services center (SSC). Pemindahan proses penunjang bisnis pada shared services center dilakukan dengan alasan penerapan teknologi digital. 

Transformasi digital dipercaya menjadi kunci meningkatnya kualitas dan kecepatan proses bisnis mereka secara konstan. Kebanyakan dari responden memindahkan layanan HR, sales administration, serta legal, dengan tujuan transformasi digital yang lebih efektif.

Dari survei Deloitte tersebut, ada 80 persen dari responden menyatakan memindahkan unit penunjang bisnis mereka pada shared services center. Sebanyak 51 persen responden memilih memindahkan proses penunjang bisnis pada shared services sebelum transformasi digital, sisanya bersamaan dengan proses digitalisasi. 

Dari responden yang melakukan pemindahan proses bisnis pada shared services, rata-rata mereka menerapkan single ERP untuk menunjang proses transisi. Hal tersebut menunjukan bahwa kunci sukses penggunaan model shared services adalah optimalisasi proses dan optimalisasi teknologi.

Optimalisasi proses transformasi sendiri memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sebagai penunjang kesuksesan transisi. Untuk hal itu, penyedia shared services melakukan perekrutan dengan deskripsi pekerjaan yang sangat terperinci untuk masing-masing pegawai.

Perusahaan juga melakukan pelatihan pada para pegawai untuk meningkatkan spesialisasi. Dengan SDM yang mumpuni untuk melakukan tugas sesuai porsi dalam proses bisnis, maka para pimpinan perusahaan akan bisa lebih fokus untuk merencanakan strategi bisnis untuk mencapai tujuan utama usaha.

Selain itu, dari hasil survei, sebanyak 75 persen perusahaan responden dengan konsisten menjaga kualitas SDM mereka dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif. Perusahaan menawarkan berbagai fasilitas untuk mempertahankan kualitas SDM yang mereka miliki dan menarik SDM berkualitas baru untuk perusahaan mereka. 

Pelatihan-pelatihan juga diberikan supaya para pegawai tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi yang diterapkan dalam model shared services.

SDM dinilai memegang peran yang penting untuk transformasi digital dalam penerapan model shared services. Hal tersebut karena penerapan teknologi baru tetap harus dioperasikan oleh tenaga kerja yang ahli di bidangnya dan mempunyai spesialisasi masing-masing dalam bidang yang berhubungan dengan shared services.  

 

PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang saat ini dikenal dengan SIG.

Bagi SISI, fungsi SDM dalam suatu organisasi sangat esensial. Kehadiran para profesional di bidang ICT menjadi nilai tambah sebuah tim yang solid. Pengalaman para profesional yang telah mengembangkan ICT di lingkungan grup PT Semen Indonesia Tbk selama lebih dari 15 tahun membantu SISI secara konsisten memberi solusi ICT kepada perusahaan dan masyarakat. 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, hubungi kami di sini.