Keunggulan Firms sebagai Software ERM untuk Keberlanjutan Bisnis

Tuesday, 6 December 2022

Pengelolaan risiko adalah salah satu aktivitas penting dalam perusahaan. Oleh sebab itu dibutuhkan manajemen risiko. Pada implementasinya, manajemen risiko membantu perusahaan untuk mengetahui, menganalisis, serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

Fungsi manajemen risiko perusahaan bertugas untuk mengarahkan praktik enterprise risk management (ERM) pada perusahaan, terutama untuk menghadapi risiko-risiko utama yang dapat mengganggu pencapaian tujuan perusahaan. 

 

Manfaat yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan apabila memiliki manajemen risiko antara lain yaitu:

  1. Mencapai tujuan perusahaan

Manajemen dalam sebuah perusahaan akan berusaha untuk mencapai tujuan perusahaannya. Dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut, banyak hal bisa terjadi. Terdapat hal-hal yang bisa diantisipasi sebelumnya, dan ada kemungkinan bakal muncul di masa depan.

Perusahaan yang memiliki manajemen risiko yang baik akan lebih mudah mencapai tujuan dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memiliki manajemen risiko yang baik.

  1. Terhindar dari bangkrut

Perusahaan yang menerapkan manajemen risiko yang baik dan proaktif akan sanggup menangani berbagai kemungkinan yang merugikan yang akan terjadi pada perusahaannya. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan kerugian hingga kebangkrutan.

  1. Meningkatkan keuntungan perusahaan

Dengan pengelolaan risiko yang baik, segala kemungkinan kerugian yang bisa menimpa perusahaan bisa dibuat seminimal mungkin sehingga biaya menjadi lebih kecil dan keuntungan yang masuk ke perusahaan bisa lebih besar. 

  1. Memberikan keamanan pekerjaan

Manajer yang dapat menangani risiko dengan baik dapat membantu menyelamatkan perusahaan. Oleh sebab itu, keamanan pekerja pun terjamin. 

 

Dengan berbagai manfaat di atas, tentunya mengelola risiko adalah hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Namun untuk keberlangsungan bisnis sebuah perusahaan, memiliki manajemen risiko saja tidak cukup. Anda harus terus mengembangkan manajemen risiko Anda dengan memanfaatkan teknologi, guna memudahkan Anda dalam mengelola risiko.

Salah satu yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan perangkat lunak Enterprise Risk Management (ERM). Perangkat lunak ini membantu dalam menangani masalah-masalah yang kerap muncul ketika Anda masih menggunakan sistem pengelolaan risiko manual.

Dengan menggunakan perangkat lunak ERM, berbagai proses manajemen risiko bakal semakin dipermudah mulai dari identifikasi risiko, analisis risiko, mengkategorikan risiko hingga memantau risiko-risiko yang berpotensi bakal merugikan perusahaan.

Salah satu aplikasi pengelolaan risiko adalah Firms (Factually Integrated Risk Management System). Firms adalah aplikasi pengelolaan risiko perusahaan yang hadir untuk membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan. 

 

Firms memiliki beberapa keunggulan dalam membantu Anda mengelola risiko. Salah satunya fitur Firms yang lengkap sehingga pengelolaan risiko semakin rinci dan detail. Firms memiliki tiga fitur utama yang menjadi keunggulannya yaitu:

  1. Risk Catalogue Management

Fitur ini bakal membantu Anda dalam mengelola risiko bisnis dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.

Master Risk merupakan master data yang akan menyimpan semua katalog risiko yang ada pada sebuah perusahaan. Pada Master Risk risiko dapat dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan standar perusahaan.

Selanjutnya Heatmap Management merupakan fitur yang digunakan untuk membuat peta risiko sesuai dengan standar perusahaan. Peta risiko dapat disesuaikan level-levelnya dan banyaknya matriks yang sesuai dengan standar perusahaan.

Role Management adalah fitur yang digunakan untuk mengatur peran pada setiap karyawan yang terlibat dalam proses penentuan risiko pada suatu perusahaan. Role yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Creator, Reviewer, dan Approver.

Sedangkan Corporate Risk merupakan sebuah dashboard risiko yang memunculkan risiko-risiko yang di-highlight suatu perusahaan. Corporate risk merupakan integrasi dengan risiko-risiko yang telah di masukkan dalam unit kerja didalamnya.

  1. Risk Assessment

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control. Risk Assessment penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan menganalisis apa yang bisa dilakukan jika bahaya terjadi. Risk Assessment merupakan metode yang banyak digunakan pada berbagai perusahaan.

Sedangkan Risk Control berfungsi dalam mengontrol risiko-risiko yang akan atau sedang dihadapi perusahaan. Fitur ini bisa digunakan oleh manajer risiko hingga pemangku kepentingan dalam mengontrol risiko perusahaan. Sementara Report Control bakal digunakan oleh pemangku kepentingan atau para eksekutif dalam mengambil keputusan yang tepat agar tidak merugikan perusahaan.

  1. Reporting & Dashboard

Menampilkan informasi real time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk. Dashboard merupakan fitur yang digunakan untuk memunculkan hasil pengisian dan monitoring risiko pada unit kerja suatu perusahaan.

Demikian tiga keunggulan aplikasi Firms yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko untuk bisnis yang berkelanjutan. Hadir dengan kombinasi teknologi dan bisnis, dapatkan manfaat Factually Integrated Risk Management System untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Ingin melihat fitur-fitur aplikasi Firms yang lain dan berbagai kemudahan yang tersedia di aplikasi ini termasuk informasi lainnya terkait Enterprise Risk Management, silahkan klik di sini.