Manfaat Aplikasi Procsi bagi Transformasi Bisnis Anda

Wednesday, 21 December 2022

Perangkat lunak e-procurement tidak lagi sekadar menjadi sarana untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Laporan terbaru tentang tren e-procurement memperkirakan bahwa pasar perangkat lunak e-procurement akan mencapai lebih dari 9,6 miliar dolar AS di Amerika pada 2026. Dengan menerapkan sistem e-procurement, organisasi dapat menikmati penghematan waktu dan biaya. Selain itu, fungsi pengadaan yang sangat administratif seperti pembelian, permintaan, dan lainnya dapat diotomatisasi dengan mudah.

Otomatisasi proses pengadaan menawarkan manfaat bagi organisasi mulai dari transparansi proses hingga pengelolaan dan pengoptimalan pengeluaran. Namun, memilih solusi e-procurement yang tepat di pasar yang ramai bukanlah hal yang mudah. Bisnis perlu mengevaluasi setiap penyedia perangkat lunak e-procurement potensial dan menyusun daftar pro dan kontra sebelum sampai pada keputusan memilih.

 

Apa itu perangkat lunak e-procurement?

Perangkat lunak atau aplikasi e-procurement adalah solusi teknologi yang dapat merampingkan aktivitas utama dalam siklus pengadaan. Perangkat lunak e-procurement terbaik mencakup semua proses manajemen pengadaan, mulai dari identifikasi kebutuhan, pemrosesan pesanan pembelian, hingga manajemen kontrak dan manajemen pemasok. Solusi ini dapat membebaskan departemen pengadaan dari tugas-tugas administratif dan memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas-tugas strategis yang berdampak signifikan dalam proses pembelian, seperti pengambilan keputusan.

Beberapa aplikasi e-procurement bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) merilis aplikasi e-procurement yang dinamai Procsi. Aplikasi ini akan membantu optimalisasi supply chain serta meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Procsi merupakan solusi terbaik bagi proses pengadaan yang menjadi salah satu pilar dalam supply chain management perusahaan. Melalui kemudahan sistem yang ditawarkan, perusahaan dapat melakukan pengadaan secara digital, interaktif, dan terintegrasi demi transformasi bisnis yang berkelanjutan.

 

Apa manfaat perangkat lunak e-procurement Procsi?

Dengan platform e-procurement, organisasi dapat meningkatkan efisiensi proses pembelian mereka, memecahkan masalah pengeluaran, dan memberikan penghematan. Perangkat lunak manajemen pengadaan yang tepat dapat menawarkan banyak manfaat yang sangat diperlukan bagi organisasi mana pun. Berikut manfaat dari penerapan e- Procsi, aplikasi e-procurement untuk transformasi bisnis Anda:

  • Perbaikan terus-menerus

Dengan mengadopsi praktik terbaik dari beberapa industri yang telah disempurnakan, tingkatkan kualitas pengelolaan pengadaan perusahaan Anda secara berkelanjutan.

  • Pengurangan biaya

Pemanfaatan sistem yang andal pada proses pengelolaan pemasok, pengadaan, hingga standarisasi material akan memastikan efektivitas dan efisiensi pada kinerja perusahaan.

  • Terintegrasi dengan ERP

Integrasikan sistem dengan mudah melalui beberapa titik integrasi; vendor & material data master, purchase order (PO), dan dokumen invoice.

  • Bayar sesuai pemakaian

Tidak seperti sistem pengadaan konvensional, perangkat lunak e-procurement tidak menuntut investasi awal yang besar atau memerlukan peningkatan konstan dan pemeliharaan yang sering. Saat ini banyak sistem perangkat lunak e-procurement menawarkan model penetapan harga berbasis langganan yang mencakup semuanya.

  • Anggaran yang akurat

Mempertahankan anggaran yang akurat selalu menjadi tantangan dalam proses pengadaan manual. Bila Anda tidak memiliki pandangan yang jelas tentang pembelanjaan Anda, “pembelian gelap” akan mengambil alih kendali dan rencana anggaran Anda yang dibuat dengan hati-hati akan sia-sia. Dengan memanfaatkan Procsi, database pengadaan menjadi terpusat ditambah dengan dasbor berwawasan luas dan alur kerja berbasis aturan yang menjaga pengeluaran pengadaan tetap terkendali dan menyoroti pengeluaran di luar anggaran secara instan.

  • Tidak ada dokumen fisik

Ketika semua data Anda disimpan pada alat yang sudah ketinggalan zaman, pemangku kepentingan terpaksa menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengelola spreadsheet tersebut. Sistem antarmuka tertutup juga menghasilkan redundansi data dan menuntut terlalu banyak intervensi manual. Solusi perangkat lunak e-procurement menyimpan semua catatan pembelian dalam database terpusat, sehingga memudahkan untuk mengambil dan membandingkan informasi dengan cepat.

  • Hubungan pemasok yang lebih baik

Sistem e-procurement sangat mementingkan manajemen hubungan pemasok dengan inisiatif keterlibatan pemasok seperti jaringan pemasok dan portal swalayan.

  • Alur kerja yang disederhanakan

Proses persetujuan dalam pengadaan berbasis kertas selalu rumit dan memakan waktu, dan manajer pengadaan sering kali harus mengejar pemangku kepentingan untuk mendapatkan persetujuan atau mengumpulkan informasi penting. Dengan Procsi, alur kerja persetujuan otomatis akan mengirimkan pemberitahuan tepat waktu kepada pemangku kepentingan, memberi mereka informasi tentang peristiwa seperti berakhirnya kontrak, kegagalan pencocokan tiga arah, dan banyak lagi. Akibatnya, tidak akan ada lagi pembaruan yang terlewat.

  • Proses bisnis yang transparan

Ketika proses pembelian bergantung pada sistem yang sudah ketinggalan zaman seperti spreadsheet dan dokumen, pemangku kepentingan tidak memiliki visibilitas ke dalam proses pengadaan. Melalui penerapan e-procurement Procsi, pengguna bisnis dapat masuk ke dalam sistem yang terhubung secara digital, menemukan permintaan pembelian yang diajukan, dan temukan statusnya hanya dalam beberapa klik.

  • Insight yang mudah didapatkan

Saat data pembelian tersebar di seluruh file dan folder kertas, manajer pengadaan harus mengumpulkan semua informasi terkait secara manual dan memasukkannya ke dalam perangkat lunak analitik untuk mengambil insight terkait pembelian. Sistem e-procurement memiliki modul analitik bawaan yang memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengubah data mentah menjadi insight yang dapat ditindaklanjuti.

 

Hilangkan masalah pengadaan Anda dengan perangkat lunak e-procurement yang tepat. Beralih dari proses pengadaan berbasis kertas ke sistem e-procurement dapat memberikan banyak manfaat nilai tambah bagi organisasi dalam berbagai ukuran. Aplikasi e-procurement yang baik dapat merampingkan proses pengadaan end-to-end, menghilangkan proses padat karya, dan administrasi yang berulang.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai Procsi, dapat menghubungi kami di sini.