Tipe Bisnis Apa Saja yang Biasa Menggunakan Software ERP?

Tuesday, 20 December 2022

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) memang dapat mendukung perusahaan Anda untuk melakukan perencanaan bisnis dengan lebih mudah dan akurat. Namun juga perlu adanya integrasi yang baik pada manajemen hingga akhirnya mampu menghasilkan perencanaan bisnis dan data yang akurat melalui sistem yang terintegrasi ini.

Lalu sebenarnya apakah setiap perusahaan harus menggunakan software ERP ini? Tentu saja jawabannya kembali lagi pada kebutuhan dan skala prioritas masing-masing perusahaan. Hanya saja, jika Anda ingin mengembangkan perusahaan dengan lebih efisien dan cepat, ERP bisa menjadi jawaban untuk memaksimalkan proses tersebut. 

Telah banyak perusahaan dari berbagai jenis industri mendapat kemudahan dari Enterprise Resource Planning (ERP), lalu jenis bisnis apa saja yang paling cocok menerapkan ERP?

 

Sebelumnya, saat perusahaan merencanakan akan menggunakan sistem ERP pertanyaan yang sering timbul adalah; kapan sebenarnya waktu yang tepat bagi bisnis untuk menerapkan atau meningkatkan sistem ERP mereka, yang meliputi:

  • Ketika Perusahaan Sedang Bertumbuh

Perusahaan yang sedang tumbuh, telah tumbuh atau dalam proses berkembang biasanya membutuhkan sistem yang lebih solid dan efektif serta efisien melalui ERP ini.

  • Permasalahan Operasional

Ketika perusahaan mengalami beban operasional yang besar, seperti banyak proses yang berulang sehingga tidak efisien. Maka perusahaan perlu mempertimbangkan bantuan software yang bisa menyederhanakan proses bisnis. Perusahaan membutuhkan sistem yang mampu mengelola proses dengan lebih baik.

  • Proses Merger atau Akuisisi

Perusahaan induk yang ingin merampingkan sistem di seluruh perusahaan. Kadang ada yang ingin meleburkan atau akuisisi atau merger, bisa menggunakan sistem ERP ini agar lebih standar dan terintegrasi.

  • Sistem yang tidak up to date

Sistem perusahaan yang ketinggalan atau memerlukan update ataupun sistem yang sudah tidak memadai untuk menunjang bisnis.

 

Di sisi lain, ada banyak faktor yang mengindikasikan perlunya penerapan sistem ERP. Perusahaan di industri tertentu akan mendapatkan hasil maksimal dari penerapan ERP.

 

Apa saja bisnis yang cocok untuk diterapkannya ERP?

Sifat fleksibel dan serbaguna dari sistem ERP memungkinkan perusahaan di berbagai industri memanfaatkannya berdasarkan kebutuhan bisnis mereka. Industri besar yang menggunakan ERP meliputi:

  • Manufaktur
  • Distribusi
  • Layanan profesional
  • Konstruksi
  • Layanan industri
  • Bisnis Jasa
  • Kesehatan
  • Dan banyak lagi.

 

Salah satu eksekutif perusahaan manufaktur yang mengimplementasikan ERP (dalam kasus mereka, Oracle JD Edwards) mengatakan ERP termasuk “platform yang kuat” untuk mengelola dan mengontrol proses manufaktur mereka. “Alat dan informasi yang tersedia dalam sistem akan memungkinkan kami untuk mengelola bisnis distribusi dan manufaktur kami dengan lebih baik,” katanya.

Kebutuhan organisasi antara manufaktur dan konstruksi tentunya berbeda. Sedangkan bisnis di industri konstruksi sering kali berbasis proyek dan membutuhkan alat untuk perencanaan dan pelaksanaan proyek, mengelola biaya proyek, manajemen hubungan pelanggan yang kuat, dan banyak lagi.

Sebagian CEO dari perusahaan berbasis proyek yang menerapkan sistem cloud ERP berkomentar: “Dengan memindahkan proses manajemen proyek kami ke cloud, kami dapat mengikuti pertumbuhan bisnis kami dan terus melayani klien kami sebaik mungkin.”

Salah satu software ERP berbasis cloud yang dapat Anda andalkan yakni FORCA ERP. Software ini merupakan ERP yang difungsikan sebagai layanan (SaaS), yang mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis. 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.