Matangkan Perencanaan Transformasi Digital dengan Mengetahui IT Maturity Level

Monday, 26 December 2022

Perencanaan menjadi sesuatu yang mutlak keberadaannya saat memulai suatu bisnis. Hal ini akan membuat berbagai aspek dalam bisnis dapat berjalan dengan tepat dan terarah. Sebenarnya tanpa rencana, bisnis mungkin akan tetap bisa berjalan. Namun, tidak akan ada yang bisa menjamin bahwa bisnis yang dijalankan bisa mendulang kesuksesan.

Target kinerja merupakan hal yang akan ditekankan pada tujuan dalam perencanaan bisnis. Hal ini merupakan indikator bagi keberhasilan dari rencana yang telah dilakukan dalam mencapai sasaran. Penentuan tujuan bisnis dengan jelas akan membantu Anda menjalankan perusahaan secara sistematis dan tetap pada jalur yang semestinya. Ini tidak terlepas dari bagaimana penggunaan teknologi yang mendukung kegiatan operasional bisnis perusahaan.

Salah satu metode tata kelola teknologi informasi yang kini digunakan secara meluas adalah IT governance yang terdapat pada COBIT 5 (Control Objective for Information and Related Technology). COBIT sendiri merupakan kerangka kerja untuk tata kelola dan manajemen informasi serta teknologi yang ditujukan untuk seluruh bagian dalam perusahaan secara umum. Dengan kata lain, ruang lingkup pada pekerjaan ini merupakan penggunaan teknologi informasi pada perusahaan yang tidak terbatas pada departemen IT dari suatu organisasi tetapi mencakup pada keseluruhan bagian perusahaan.

Dengan adanya tata kelola teknologi informasi ini, dibutuhkan IT maturity model untuk mengukur level pengembangan manajemen proses yang ada di perusahaan. Hasil pengukurannya akan terdefinisikan menjadi level-level yang terdiri dari angka 0 – 5 yang digunakan untuk mengetahui kapabilitas manajemen sejauh mana pengembangannya di perusahaan sesuai dengan pengukuran yang terdapat pada tujuan-tujuan COBIT 5. Dari angka-angka tersebut dapat ditemukan rekomendasi yang nantinya dapat digunakan pihak manajemen dalam meningkatkan efektivitas tata kelola IT yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan.

Model kematangan yang digunakan pada IT maturity level ini menghasilkan beberapa gambaran bahwa perilaku dan proses organisasi IT telah terdefinisikan dengan baik  atau masih perlu perbaikan. Nantinya dari hasil penilaian IT maturity level dapat menghasilkan strategi untuk mewujudkan transformasi digital pada bisnis yang sesuai dengan kondisi tata kelola teknologi informasi. 

Hubungi kami untuk asesmen IT maturity level yang objektif melalui framework pengukuran yang sesuai standar dan best practice industri dunia untuk bisnis Anda.