Pentingnya IT Maturity Level Assessment untuk Merancang Masa Depan Bisnis Anda

Monday, 16 January 2023

Saat ini, kinerja bisnis sangat bergantung pada tingkat kematangan IT perusahaan. Tingkat kematangan ini mengacu pada serangkaian kapabilitas berbasis teknologi yang sesuai dengan kemampuan organisasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Pengelolaan teknologi informasi yang terorganisir akan memberikan dampak yang signifikan terhadap proses bisnis dan kelangsungan sebuah perusahaan. Namun bukan perkara mudah, perusahaan mampu mengetahui sejauh mana IT governance memahami dan mengelola resiko serta keuntungan yang berhubungan dengan sumber daya informasi perusahaan dengan teknologi.

Assessment IT maturity level adalah pengukuran tingkat maturitas proses-proses tata kelola IT dalam sebuah perusahaan. Metode ini kini mulai banyak digunakan untuk mengukur level pengembangan manajemen proses, sejauh mana kapabilitas manajemen dengan teknologi berdasarkan standar/framework tata kelola IT seperti COBIT.

 

Mengetahui sampai sejauh mana proses-proses IT eksisting telah dikelola oleh organisasi

Penting bagi perusahaan melakukan penilaian IT maturity. Ini untuk mengetahui  gambaran seberapa baik perilaku, praktik dan proses organisasi dapat secara andal dan berkelanjutan mendukung target perusahaan yang diinginkan dengan bantuan teknologi.  Assessment IT maturity dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk perbandingan dan sebagai bantuan untuk memahami proses IT yang eksisting pada perusahaan.

Setiap maturity levels yang dihasilkan berdasarkan assessment merupakan Key Process Areas yang masing-masing levelnya memiliki level indikator penilaian tertentu. Dalam pengukuran IT maturity terdapat beberapa bidang di antaranya berdasarkan tujuan, komitmen, kemampuan, pengukuran, dan verifikasi. Hasil pengukuran ini memberikan rangkaian analisa yang dapat berubah ketika proses kematangan telah diperbaiki secara bertahap dari satu tingkat ke tingkat berikutnya.

 

Sebagai dasar acuan untuk penetapan target IT Maturity Level di masa yang akan datang

Mengingat evolusi teknologi modern kini berkembang secara masif, para pemimpin bisnis harus mempersiapkan masa depan dengan menerapkan teknologi secara terukur yang dapat beradaptasi dengan perubahan pasar. Melalui serangkaian proses assessment IT maturity, perusahaan memiliki acuan dalam pelaksanaan tingkat IT yang eksisting. 

Assessment IT maturity ini menjadi penting karena dapat memberikan hasil pengukuran kinerja yang akan mengungkapkan informasi berharga tentang kesehatan dan potensi perusahaan. Dengan adanya serangkaian proses ini pula, perusahaan dapat mengidentifikasi area mana saja yang tidak beroperasi sesuai standar dan memungkinkan mereka untuk menentukan strategi yang dapat meningkatkan target operasi dan proses perusahaan di masa mendatang.

 

Mengetahui proses-proses IT yang harus diperbaiki atau dikembangkan 

Banyak organisasi berpikir bahwa staff IT harus menjadi satu-satunya yang peduli tentang teknologi dalam perusahan. Sehingga ini menyebabkan terputusnya tujuan IT dan bisnis. Manajer IT pada dasarnya harus proaktif melibatkan seluruh staf dari berbagai departemen untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah dan tujuan bisnis. Dari sana ditambah dengan perbandingan data yang telah dihasilkan dari assessment IT maturity, manajer IT dapat menunjukkan bagaimana teknologi dapat memecahkan masalah mereka dan mendorong pertumbuhan dan perbaikan. 

Model IT maturity juga penting karena menekankan pembelajaran dan perbaikan. Assessment IT maturity tersebut dapat mengungkapkan apa saja yang perlu diubah untuk memindahkan perusahaan ke level berikutnya. Sehingga Anda dapat meningkatkan IT maturity level perusahaan dengan rekomendasi berdasarkan area of improvement dan high level strategy yang sesuai dengan bisnis.

 

Dewasa ini penting untuk tidak lagi menganggap teknologi sebagai pengeluaran, melainkan sebagai investasi yang menambah nilai bagi bisnis Anda. Assessment IT maturity hadir sebagai layanan untuk mengukur, merancang, dan meningkatkan tata kelola IT perusahaan yang selaras dengan strategi bisnis Anda. 

Wujudkan tata kelola IT yang baik dengan penerapan standarisasi yang lengkap dan menyeluruh. Hubungi kami untuk dapat membantu Anda menyelaraskan teknologi dengan tujuan bisnis Anda segera!