Simak Langkah-langkah Penting Melakukan Manajemen Risiko Berikut!

Friday, 25 November 2022

Risiko pada dasarnya memang selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Hanya saja, intensitasnya akan meningkat ketika Anda melakukan kegiatan bisnis. Apalagi, jika Anda menginginkan keuntungan atau hasil yang besar, maka risiko yang harus dihadapi juga akan semakin besar. Kondisi ini biasa dikenal sebagai high risk-high return

Meskipun risiko belum tentu berdampak dan merugikan bagi perusahaan, tetapi beberapa risiko ini pun tetap harus diambil oleh para pengusaha untuk mencapai tujuannya. Risiko-risiko bisnis ini tidak dapat dihindari akan tetapi Anda dapat meminimalisirnya dengan melakukan perencanaan yang baik. Berikut beberapa langkah-langkah penting melakukan manajemen risiko:

 

Buat Manajemen Risiko Secara Detail dan Menyeluruh

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi risiko usaha dalam bisnis adalah mengenal usaha yang sedang Anda dibangun. Untuk mengenali usaha tersebut, Anda dapat memulainya dengan mengetahui visi dan misi usaha Anda, target market Anda, siapa kompetitor Anda dan lainnya. Ini biasa dikenal dengan istilah positioning.

Apabila Anda sudah mengetahui posisi bisnis Anda saat ini, sebaiknya buat daftar besar kecilnya kerugian dari risiko usaha yang terjadi. Anda dapat melakukan pendetailan informasi risiko usaha Anda mulai dari sumber pemicu masalah, alur masalah, sampai pada dampak terburuk akibat risiko usaha itu terjadi harus digambarkan secara detail dan menyeluruh. Solusi ini perlu untuk dilakukan supaya dapat mengidentifikasi kerugian risiko usaha sehingga dapat menentukan permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

 

Bila Sudah Matang, Action dengan Cepat! 

Jika Anda sudah mengetahui beberapa daftar risiko usaha secara detail dan menyeluruh, ada baiknya Anda prioritaskan mana yang harus lebih dulu diselesaikan. Namun dalam tahap ini jangan gegabah, lakukan perencanaan yang matang tapi cepat untuk beberapa risiko dengan kondisi tertentu agar tidak melakukan kesalahan yang fatal. 

Untuk beberapa kondisi risiko seperti yang berkaitan dengan kredit, finansial, dan juga legalitas Anda perlu bergerak dengan cepat sebelum berpotensi menimbulkan masalah baru yang lebih fatal. Dalam tahap ini dibutuhkan pengambilan keputusan yang baik agar dapat memilih alternatif pemecahan masalah dengan tepat.

 

Evaluasi Risiko dari Berbagai Lini 

Tahap ini sangat penting dilakukan dengan sangat teliti guna menemukan efek yang mungkin akan timbul dari risiko yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan dari melakukan evaluasi setiap lini adalah menemukan cara yang tepat dan efektif agar dapat meminimalisir risiko dengan lebih baik. 

Perencanaan dan action yang telah direncanakan dari awal yang telah dilakukan sebelumnya tidak akan seluruhnya dapat berjalan dengan lancar. Perubahan keadaan atau lingkungan yang tidak dapat diprediksi akan menyebabkan perubahan rencana manajemen risiko yang telah dibuat. Salah satu bentuk nyata hasil dari evaluasi risiko ini adalah apakah risiko dapat diterima atau tidak dengan level risiko sesuai pada standar yang digunakan.

 

Tercatat dan Solusi Terus Dikembangkan 

Menerapkan rencana manajemen risiko dapat membantu mempersiapkan tim Anda untuk kejadian tidak terduga. Seluruh risiko usaha Anda harus terdokumentasi dengan baik, rapi serta detail untuk dipelajari secara seksama oleh pelaku maupun pelaksana bisnis dalam suatu perusahaan. 

Anda juga dapat menggunakan beberapa trik ini seperti eliminasi (penghilangan sumber bahaya), subtitusi (mengganti sumber bahaya dengan alternatif lain), dan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang terjadi. Setiap masalah yang sudah terjadi harus dipelajari dengan baik supaya di kemudian hari dapat mengatasi dan mampu beradaptasi terhadap permasalahan-permasalahan yang baru dengan lebih tepat dan cepat. Bahkan ini dapat menciptakan peluang bisnis yang jauh lebih menguntungkan, karena perusahaan telah dapat menetapkan mengelola risiko yang mungkin terjadi.

 

Penerapan manajemen risiko diharapkan berfungsi dengan baik agar dapat mendukung penerapan Good Corporate Governance di dalam perusahaan secara keseluruhan. Penting bagi setiap pelaku bisnis untuk mengetahui, mengukur, dan memitigasi risiko yang mungkin terjadi selama pelaksanaan operasional usaha.

Tentunya saat ini perusahaan juga memerlukan sistem yang dapat membantu manajemen risiko dengan mudah melalui bantuan aplikasi. Fitur menarik dari aplikasi Firms dapat membantu Anda melakukan pengelolaan berbagai risiko usaha dengan tepat. Pelajari selengkapnya!