4 Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Strategi Bisnis

Friday, 9 December 2022

Hampir semua bisnis kecil maupun besar selalu membutuhkan perbaikan. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh fungsi dan tujuan strategi bisnis yang dilakukan. Strategi bisnis memegang peranan penting bagi perkembangan usaha. Dengan menjalankan strategi yang tepat bisnis akan banyak dikenal dan ekspansi bisnis dapat dilakukan secara besar-besaran. 

 

Strategi bisnis dan usaha harus dikuasai oleh para pelaku bisnis, guna menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Namun bukan perkara mudah menjalankan sebuah strategi bisnis yang dinilai tepat. Berikut beberapa contoh kesalahan yang biasa terjadi dalam implementasi strategi bisnis:

  1. Tidak memiliki rencana jangka panjang

Merancang strategi bisnis tentu tidak terlepas dari skala prioritasnya. Skala prioritas ini dapat dibagi menjadi 3 bagian yakni berdasarkan rencana jangka pendek, jangka menengah, hingga rencana jangka panjang. Perencanaan bisnis yang disusun harus dapat memproyeksikan waktu dari tahun ke tahun. Setiap tahapan tersebut dapat memberikan feedback yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja perusahaan.

Apabila perusahaan tidak memiliki strategi bisnis dalam jangka panjang, maka perusahaan tersebut akan kewalahan dalam menghadapi masalah yang akan muncul di masa mendatang. Hal inilah yang seringkali membuat suatu perusahaan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan karena ketidaksiapan.  Di sisi lain proses pembenahan dalam mengatasi sebuah masalah akan jauh lebih menelan banyak biaya dan waktu dibandingkan sikap mengantisipasi hal buruk yang terjadi.

  1. Kurangnya riset pasar

Sebelum membuat perencanaan bisnis, pelaku usaha harusnya sudah memiliki sejumlah data dari riset pasar. Data riset ini untuk mengetahui sejauh mana usaha Anda dapat membidik pasar dengan lebih akurat. Riset pasar ini dapat digali melalui berbagai sarana baik melalui online maupun offline. Riset juga dapat dilakukan melaui wawancara beberapa orang di titik yang Anda bidik menjadi target pemasaran produk.

Berhasil atau tidaknya bisnis tergantung pada kemampuan bisnis dalam memenuhi kebutuhan target pasar Anda. Jadi lakukan riset sebanyak mungkin untuk menghindari strategi bisnis Anda salah sasaran dan tidak efektif. Sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian akibat penjualan yang tidak sesuai dengan target.

  1. Kurang informasi mengenai kompetitor

Sah-sah saja jika Anda fokus pada usaha yang membuat produk atau jasa yang Anda hasilkan menjadi yang terbaik. Tetapi produk yang baik saja tidak cukup untuk membuat Anda memperoleh keuntungan yang maksimal dalam penjualan. Ada baiknya Anda juga perlu memperhatikan kompetitor mengenai produk dan strategi bisnis yang mereka gunakan.

Dengan mengetahui strategi yang dilakukan oleh kompetitor, Anda bisa membuat langkah tandingan dan inovasi yang lebih baik sehingga bisnis yang Anda jalankan lebih unggul. Bayangkan jika Anda memiliki kurang informasi mengenai kompetitor, ini akan memberikan nilai yang kurang di mata konsumen dibandingkan dengan produk yang dihasilkan oleh kompetitor Anda. Bahkan ini bisa jadi berimbas pada pengembangan usaha Anda yang lambat laun bisa jadi akan mengalami surut.

  1. Kurang Realistis

Optimis memang perlu dalam menjalankan bisnis. Tetapi ini akan berimbas buruk jika Anda memiliki optimisme yang berlebihan. Perencanaan bisnis yang didasari oleh rasa optimisme berlebihan dan kurang realistis melihat kondisi dapat menyulitkan Anda pada tahap eksekusi.

Membuat beberapa asumsi dan prediksi terburuk adalah salah satu hal yang dapat menekan rasa optimis yang berlebihan. Anda juga dapat mempertimbangkan variabel-variabel eksternal seperti kondisi politik, sosial, ekonomi, teknologi, dan lain sebagainya di masa depan. Apabila Anda sudah memiliki sikap realistis dalam menentukan sebuah strategi bisnis, maka secara tidak langsung Anda sudah mengantisipasi munculnya kemungkinan terburuk di kemudian hari.

 

Membuat strategi bisnis adalah alat manajemen yang sangat berharga dan dapat membantu Anda mengelola perusahaan dengan langkah-langkah terbaik. Anda mungkin saja memiliki komoditi produk atau layanan yang bagus, tetapi jika Anda tidak merancang strategi dengan cermat maka bisnis Anda akan tertinggal. 

Tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut tentang strategi dan solusi digital yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi kami!