5 Keterampilan Kerja Ini Bisa Jadi Peluang Anda untuk Profesi Masa Depan

Friday, 11 February 2022

Saat ini semua jenis pekerjaan berhubungan dengan teknologi digital. Tidak dapat dipungkiri perkembangan dunia digital melalui implementasi teknologi semakin mendominasi kehidupan manusia di berbagai bidang. Hal ini tentu menyebabkan semakin tinggi pula peluang dunia digital yang turut serta meluas. 

 

Tak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan skill bidang teknologi informasi yang dapat kita temui. Bahkan, mereka yang menguasai teknologi digital dapat memiliki penghasilan yang menyamai atau bahkan melampaui jenis-jenis pekerjaan konvensional. Berikut beberapa keterampilan kerja dunia digital yang bisa Anda coba dalam berkarir:

  • Machine Learning

Siapa yang tidak mengenal skill yang satu ini. Machine Learning merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang membuat sistem bisa mengadaptasi kemampuan manusia untuk belajar. Peran machine learning banyak membantu manusia dalam berbagai bidang. Bahkan saat ini penerapan machine learning dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Misalnya saat kita menggunakan fitur face unlock untuk membuka perangkat smartphone. Contoh lainnya yakni saat kita menjelajah di internet atau media sosial kita akan sering disuguhkan dengan beberapa iklan. Iklan-iklan yang dimunculkan juga merupakan hasil pengolahan machine learning yang akan memberikan iklan sesuai dengan apa yang biasanya kita cari internet.

  • Cyber Security

Saat ini hampir semua orang, baik itu individu ataupun organisasi bergantung pada internet. Akan tetapi hampir semua sistem maupun jaringan yang ada di internet mempunyai celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Itulah mengapa penting bagi generasi muda saat ini mengetahui dan belajar mengimplementasikan cyber security yang efektif guna meningkatkan level keamanan sistem dan mengurangi resiko cyber threats.

  • Data Analytic

Trend kebutuhan untuk memahami Data Analytic saat ini semakin meluas dan hampir dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Data analyst adalah pekerjaan yang berhubungan dengan segala jenis data mulai dari Basic Intelligence, Reporting and Online Analytical Processing, dan beberapa fitur analytic lainnya.

Sebagai seseorang yang memiliki kemampuan data analytic nantinya akan bertanggung jawab untuk mengolah data tersebut, sehingga dapat diterjemahkan dan dimanfaatkan dalam laporan untuk membantu proses manajemen dan pengolahan perusahaan. Data analyst juga dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data untuk meningkatkan keuntungan dan kredibilitas suatu perusahaan. 

  • Mobile Development

Seperti yang kita lihat, perkembangan aplikasi seluler berkembang pesat saat ini. Mulai dari ritel, e-commerce, asuransi, perawatan kesehatan, dan juga pemerintahan semua menggunakan aplikasi seluler dengan berbagai suguhan kemudahannya. Mobile developer ditujukan pada mereka yang punya spesialisasi dalam teknologi mobile. Hal itu meliputi membuat aplikasi untuk Android, iOS, dan platform ponsel Windows. 

Melalui mobile developer, mereka dapat mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan seluruh mobile app yang biasa kita gunakan setiap harinya. Pekerjaan ini juga bertanggung jawab untuk mengembangkan semua hal yang berkaitan dengan teknologi mobile. 

  • Cloud Engineer

Mungkin sebagian besar dari kita, masih awam dengan Cloud Engineer. Secara sederhana, cloud engineer adalah sebuah pekerjaan yang bergelut dengan cloud computing. Cloud engineer bertugas untuk membangun infrastruktur cloud berdasarkan rancangan yang telah dibuat oleh arsitek cloud. Cloud engineer memiliki tugas cukup beragam meliputi cloud security, cloud system engineer, cloud network engineer, hingga sebagai cloud software engineer.

 

Itu tadi beberapa peluang karir di era digital saat ini. Sebenarnya masih banyak lagi peluang karir di dunia digital yang bisa Anda coba. Persiapkan diri dengan berbagai keahlian karena dunia digital akan senantiasa berkembang dan pekerjaan digital akan semakin dibutuhkan.