5 Teknologi Penting Penunjang WFH

Friday, 9 July 2021

Satu tahun lebih pandemi Covid-19 memaksa jutaan pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sejumlah perusahaan selama 12 bulan terakhir telah membuktikan manfaat kerja jarak jauh dan menjanjikan jadwal yang lebih fleksibel. Belum ada tanda-tanda bahwa revolusi WFH bisa segera mencapai batasnya. Bahkan memasuki awal Juli 2021 ini, angka penyebaran Covid-19 semakin tinggi. Sehingga terpaksa pemerintah memberlakukan kebijakan baru Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai sejak 3 Juli lalu. 

Banyak perusahaan saat ini sudah menyesuaikan kondisi pandemi dengan kebijakan WFH. Dengan bantuan teknologi informasi, saat ini sebuah perusahaan bisa berjalan tanpa memerlukan kantor fisik yang besar. Perusahaan-perusahaan ini bahkan sebagian besar area kantornya sepi karena para karyawan sudah tidak direpotkan dengan kehadiran. Kebijakan ini sangat efektif dalam memangkas biaya, waktu, serta opportunity cost perusahaan. Adapun teknologi yang mendukung  WFH saat ini antara lain sebagai berikut: 

 

  1. Laptop

Laptop menjadi salah satu andalan para pekerja atau pegawai saat melakukan kerja di rumah atau WFH. Sangat disarankan untuk membeli laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaan laptop sangat menunjang kita dalam bekerja sehari-hari. 

Kendati demikian, sering kali kita merasa pegal dan lelah saat WFH. Pasalnya, tidak semua rumah mempunyai kursi dan meja yang cocok digunakan untuk bertahan lama selama berjam-jam di depan laptop. Dengan keadaan seperti itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara menggunakan laptop agar tetap nyaman. 

 

  1. Internet

Tak dapat dipungkiri, kehadiran internet bisa dikatakan sebagai “jantung” dari eksistensi dalam pelaksanaan WFH. Segala hal yang dahulu dilakukan secara langsung seperti rapat, konsultasi, studi lapangan, sekarang dapat dilakukan secara digital. Segala kegiatan tersebut akan dapat berjalan dengan baik dengan penggunaan layanan internet. Internet memungkinkan pemberian layanan digital secara real-time seperti rapat melalui virtual. 

 

  1. Aplikasi Kolaborasi

Perkembangan teknologi juga telah melahirkan aplikasi kolaborasi yang semakin canggih. Di mana sekarang bermunculan beragam aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Discord, serta aplikasi kolaborasi kerja seperti Slack dan Trello. 

Hal tersebut tentu membuat bekerja dengan WFH semakin mudah. Bahkan, kantor konvensional juga sudah mulai memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi kolaborasi kerja bersama.

 

  1. Aplikasi Komunikasi Virtual

Komunikasi adalah hal paling krusial ketika bekerja dari tempat yang berlainan. Maka dari itu, kita perlu aplikas komunikasi khusus seperti Skype for Business, Zoom, Google Meet, atau Teams untuk menunjang panggilan suara, video. Dengan beberapa aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggelar meeting dengan seluruh karyawan karena jumlah user maksimal bisa mencapai 1,000 partisipan. Spesifikasi ini tentu sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir komunikasi virtual perusahaan bukan?

 

  1. Aplikasi Penyimpanan Cloud

Salah satu aplikasi lain yang bisa memudahkan kita bekerja dari rumah adalah Penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, Dropbox, WeTransfer, dan lain sebagainya. Kegunaan aplikasi penyimpanan berbasis cloud ini menjadi tools penting untuk berbagi data antar sesama karyawan dengan berbekal smartphone, laptop, dan paket data internet.

Seluruh bagian dalam perusahaan dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur laporan harian secara remote dari rumah. Bahkan sekelas Google Drive sendiri sudah memberikan aplikasi ini secara gratis dengan kapasitas mencapai 25GB.

 

Nah, itulah 5 rekomendasi teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas selama work from home (WFH). Sebagai partner bisnis dan pendukung utama aset digital perusahaan Anda, kami juga telah menyediakan layanan Digital Service mulai dari IT Operation, IT Asset Management, Seat Management, yang didukung dengan layanan Service Desk. Dengan layanan terbaik kami, dapatkan efektivitas dan efisiensi yang maksimal pada operasional bisnis perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut dan penawaran terbaik, silahkan hubungi kami di sini.