6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Tidak Mudik

Friday, 7 May 2021

Hari raya Idulfitri akan segera tiba, rasanya tidak sabar menanti lebaran untuk bersilaturahmi dengan keluarga atau pulang ke kampung halaman. Sayangnya, tahun ini kita kembali tidak  bisa melakukan tradisi mudik seperti biasanya. Sebab, virus corona masih mewabah di negeri ini, dan menghindari mudik adalah salah satu upaya untuk membantu menurunkan angka persebarannya.

Meskipun harus merayakan lebaran di rumah saja, tanpa bersilaturahmi ke rumah sanak saudara dan kerabat, jangan berkecil hati dulu. Masih ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan saat tidak bisa pulang ke kampung halaman. Berikut beberapa ide kegiatan yang cocok kamu coba agar suasana lebaran di rumah tetap asyik: 

  1. Bersilaturahmi dengan keluarga melalui video call

Tak bisa mudik berarti tak bisa bertatap muka dengan keluarga, itu artinya juga tidak bisa melakukan sungkem dengan orangtua di kampung halaman. Namun, apalah arti jarak di era teknologi informasi yang semakin canggih ini. Video call bisa kamu lakukan untuk meredakan sedikit kerinduan pada orang tua dan sanak saudara. Kalau saudara-saudaramu juga terjebak di perantauan, bukankah video call dengan banyak orang juga bisa dilakukan? 

  1. Menonton film atau bermain game bersama keluarga

Suasana lebaran tahun ini mungkin terasa sepi karena tidak ada saudara, tetangga, atau teman yang berkunjung ke rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini dengan marathon film atau bermain game bersama keluarga di rumah agar momen lebaran tetap terasa hangat. 

  1. Mengambil jadwal istirahat

Setelah bekerja tanpa henti, liburan Idulfitri bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk mengembalikan pola tidur yang lebih baik. Tidak ada salahnya untuk membayar ‘hutang’ tidur di waktu lengang libur lebaran jika kamu tidak mudik. 

  1. Isi waktu dengan hal baru

Memang sedih rasanya tidak bisa berkumpul dengan keluarga saat momen Idulfitri. Tapi kali ini Sobat punya lebih banyak waktu di rumah. Manfaatkan waktu lengang libur lebaran untuk melakukan hal yang disuka dan pastinya produktif. Mulai dari berolahraga, wisata dengan tour guide online, memasak yang disuka, dan lain-lain. Sobat juga bisa mencari keterampilan baru dengan mengikuti kursus singkat. 

  1. Dekorasi rumah untuk menghadirkan suasana baru

Menjelang hari raya Idulfitri adalah waktu yang tepat untuk menata ulang dekorasi interior rumah. Meskipun lebaran tahun ini tidak banyak tamu yang berkunjung ke rumah, kamu tetap harus menghadirkan suasana gembira dengan merawat dan mempercantik hunianmu. Saat ini banyak sekali aplikasi yang memberikan Anda edukasi terkait dekorasi rumah. Mulai lah dari menata ulang ruang tamu, mengecat ulang tembok, membersihkan tirai jendela, memperindah taman di teras rumah, dan lain-lain. 

  1. Berbagi kebahagiaan lewat donasi

Momen lebaran sangat tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama, termasuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Manfaatkan hari raya tahun ini untuk bersedekah atau berdonasi, hal kecil ini bisa membuat lebaranmu penuh makna meskipun di rumah saja.

 

Itu dia beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa mudik lebaran. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan kesehatan, agar tetap fit saat hari raya nanti!