Bangun Kolaborasi yang Produktif Di Lingkungan Kerja

Friday, 15 July 2022

Kolaborasi tim kini seakan menjadi magnet untuk menciptakan produktivitas kerja sehingga diperoleh sebuah kesuksesan. Kolaborasi sendiri dilakukan di mana sekelompok orang atau tim melakukan peran masing-masing untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan dengan baik. Semua anggota tim yang terlibat dalam suatu kolaborasi saling berbagi pekerjaan serta ide dan wawasan untuk mencapai tujuan bersama.

 

Dengan banyaknya orang yang terlibat, bukan perkara yang mudah untuk dapat melakukan kolaborasi dengan baik. Untuk mencapai tujuan dan target perusahaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi tim. Berikut caranya:

Tetapkan Tujuan

Agar kolaborasi dapat berjalan dengan efektif, hal yang harus dilakukan adalah memahami dengan jelas peran dan tanggung jawab dari masing-masing personil. Tujuan dari diadakannya kolaborasi harus jelas sejak awal sehingga anggota tim mempunyai pemahaman yang sama terhadap tujuan yang ingin dicapai. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya miskomunikasi antar sesama anggota tim.

Pastikan Tiap Anggota Tim Benar-benar Diikutsertakan.

Dalam berkolaborasi, pastikan masing-masing dari kita dapat mengenali potensi diri yang ada di dalam setiap individu. Hal ini untuk membantu pembagian tugas dan delegasi pekerjaan menjadi lebih baik. Sementara untuk kekurangan yang ada bisa dimaksimalkan dengan mengkombinasikan keahlian dari anggota lainnya.

Untuk pembagian tugas dalam tim upayakan untuk adil. Masing-masing dari setiap individu di dalam tim harus sama-sama membangun hubungan yang baik. Anggota tim tahu bagaimana cara menjalin hubungan, begitupun dengan pemimpin bisa menjadi leader yang dekat dengan anggotanya.

Yakinkan Orang untuk Mau Terlibat

Dalam berkolaborasi, tentu tidak semua orang dapat memiliki pemikiran yang sama. Ada kalanya individu anggota tim merasa kurang informasi atau merasa ditinggalkan, yang tentunya akan dapat mempengaruhi kelancaran pekerjaan. Untuk itu yakinkan pada setiap anggota tim bahwa kolaborasi akan menjadi sangat menguntungkan dan memiliki banyak manfaat untuk diri maupun seluruh anggota tim hingga perusahaan.

Mengedepankan Sikap Kolaboratif

Dalam dunia kerja, Anda pasti akan mengalami bekerjasama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Berkolaborasi dengan sesama orang Indonesia saja, kita akan menemui berbagai suku, agama, dan ras yang tentunya memiliki kebiasaan yang berbeda. Apalagi, jika  harus bekerja dengan tim yang berasal dari luar negeri. Mungkin saja, etos kerja mereka juga berbeda. Untuk menghadapi hal ini, akan lebih baik jika kita mampu mengedepankan sikap kolaboratif dengan berusaha meningkatkan kemampuan komunikasi, menghargai perbedaan dan kecerdasan emosional.

Tetapkan Media Komunikasi yang Digunakan 

Kolaborasi akan selalu melibatkan berbagai pihak dari latar belakang yang berbeda. Kesalahpahaman akibat komunikasi yang kurang lancar menjadi salah satu kendala yang harus diatasi. Belum lagi masalah lain terkait upaya koordinasi, dan menciptakan kolaborasi antar karyawan agar seluruh pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. 

Untuk itu, sebelum memulai berkolaborasi alangkah baiknya menetapkan media komunikasi yang tepat untuk digunakan. Anda dapat menggunakan alternatif pilihan mulai dari media e-mail, aplikasi chat, dan sebagainya. Namun akan lebih baik jika kolaborasi didukung dengan ketersediaan teknologi yang menunjang operasional pekerjaan. Apalagi saat ini tersedia banyak aplikasi maupun software pendukung yang memungkinkan setiap karyawan untuk dapat berkolaborasi melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin. 

 

SISI sebagai salah satu perusahaan penyedia solusi digital Indonesia memiliki berbagai solusi untuk mendukung kolaborasi pada lingkungan pekerjaan Anda, mulai dari pengelolaan akuntansi dan keuangan, absensi, helpdesk, hingga pengelolaan risiko, dan sebagainya. 

Temukan solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda agar berjalan lebih efektif dan efisien. Konsultasikan kebutuhan Anda segera dan hubungi kami!