Ketahui Berbagai Strategi untuk Menunjang Masa Depan Bisnis Anda

Friday, 16 December 2022

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan perencanaan dan strategi yang matang sebelum bisnis tersebut dimulai atau ketika bisnis tersebut sedang berjalan. Perencanaan dan strategi bisnis tersebut harus mempertimbangkan beberapa aspek penting yang menjadi pengaruh keberhasilan perusahaan seperti keuangan, target pasar, teknologi, dan sebagainya.

 

Perencanaan dan strategi yang matang dapat membantu Anda dalam menentukan langkah bisnis ke depannya. Kesalahan dalam perencanaan bisnis yang matang dapat membawa usaha Anda mengalami kebangkrutan. Untuk itu penting bagi Anda memahami jenis-jenis strategi bisnis yang perlu dikuasai, berikut di antaranya:

  1. Best Price Strategy atau Strategi Harga Terbaik

Elemen harga erat sekali dengan strategi yang Anda gunakan dalam menetapkan harga produk maupun layanan yang akan ditawarkan. Tidak dapat dipungkiri keberadaan elemen harga ini sangat berpengaruh terhadap pelanggan.

Nah, dalam memutuskan harga yang Anda tawarkan ke pelanggan, Anda dapat mengacu pada beberapa hal. Seperti harga jual produk di pasaran, diskon, metode pembayaran, kredit, hingga layanan lainnya. Sehingga perusahaan Anda tidak merugi, namun harga tersebut masih bisa diterima oleh pembeli.

Sebenarnya inti dari Best Price Strategy ini adalah memiliki harga yang terbaik antara segi kualitas yang berbanding dengan harga dibandingkan dengan para pesaing. Margin keuntungan bisa jadi lebih tipis dibandingkan lainnya namun dapat ditutupi dengan mengejar volume penjualan yang banyak.

  1. Best Product Strategy atau Strategi Diferensiasi/Pembeda

Dalam pemilihan suatu produk, pelanggan akan mempertimbangkan kelebihan dan manfaat dari produk. Bahkan tidak jarang para pelanggan akan mencari tahu terlebih dahulu di internet mengenai produk yang akan dibelinya. 

Pada saat menentukan strategi pemasaran melalui produk, hal yang bisa Anda pertimbangkan di antaranya meliputi fungsi, tampilan, kualitas, hingga pengemasan dari produk tersebut. Namun hal yang tak kalah cukup penting yakni, sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan fitur utama, manfaat, hingga keinginan pelanggan terhadap produk yang akan ditawarkan. 

Pada strategi ini, Anda harus menciptakan nilai pembeda dengan produk-produk lain. Nilai pembedanya tidak harus selalu menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya lebih untuk kapitalisasinya. Diferensiasi produk dapat lahir dari bagaimana melakukan business model, bagaimana membuat produk, atau menerapkan pendekatan pada layanannya. Sehingga strategi pemasaran yang dijalankan dapat berhasil.

  1. Best Cost Strategy atau Strategi Biaya Terbaik 

Perkembangan bisnis di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami perbaikan. Hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh fungsi dan tujuan strategi harga penjualan. Pada jenis strategi satu ini menitikberatkan pada, value for money yang lebih tinggi. 

Maksud dari value for money ini dapat diartikan sebagai nilai psikologis pembeli terhadap suatu produk yang berbanding dengan sejumlah uang yang dikeluarkannya. Apabila nilai produk yang dibeli ini dibeli lebih tinggi dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan, dapat dikatakan produk ini memiliki value of money yang lebih tinggi. 

Sebagai contoh, saat ini brand produk Honda Mobilio menawarkan kenyamanan berkendara dan desain yang bagus dengan harga yang relatif murah dibanding dengan BMW dan sejenisnya. Ini menandakan kualitas value of money yang ditawarkan berhasil mempengaruhi psikologis konsumen untuk segera membeli. Apalagi di Indonesia saat ini sudah mulai banyak yang melek finansial dan membeli segala sesuatunya selalu mempertimbangan apa-apa saja yang bisa didapatkan dengan sejumlah uang yang akan dikeluarkannya. 

  1. Best Marketing Strategy

Pada kenyataannya memang strategi pemasaran memegang peran penting bagi perkembangan bisnis. Bisnis atau produk akan dikenal oleh masyarakat luas jika pemasarannya telah tepat sasaran. 

Dalam melakukan promosi, sebuah strategi pemasaran itu penting. Mengingat biaya produksi yang tidaklah rendah. Jadi sangat penting untuk menentukan apakah promosi yang dilakukan layak atau tidak dalam meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki. Promosi ini dapat berupa iklan, menambah relasi, dan sponsor.

 

Setelah Anda mengetahui macam-macam strategi, selanjutnya Anda tinggal menerapkannya pada bisnis yang dijalankan. Jika strategi tersebut belum efektif meningkatkan penjualan, maka Anda bisa memperbaiki strategi bisnis yang telah diterapkan. Setiap strategi yang dijalankan tentu membutuhkan dukungan teknologi agar lebih efektif. 

Untuk solusi digital dan konsultasi lebih lanjut kebutuhan bisnis Anda segera hubungi kami.