NGOBRAS: Berbagi Pengetahuan dengan Berbincang Santai

Friday, 26 March 2021

Mendengar ungkapan knowledge is power, bisa jadi benar adanya. Knowledge atau pengetahuan adalah aset yang sangat berharga bagi setiap orang. Sebab dengan pengetahuan membuat setiap orang dapat berpikir panjang dan memiliki wawasan lebih luas lagi. 

Mengingat pentingnya hal tersebut, tim Knowledge Management SISI mengadakan sesi berbagi NGOBRAS (Ngobrol Bareng Santai). Kegiatan ini menjadi agenda rutin sejak 2019 lalu bagi karyawan SISI untuk dapat berbagi pengetahuan apapun, mulai dari seputar proses bisnis, project, kendala dan tantangan di masing-masing  unit kerja, hingga berbagi pengalaman tentang hal-hal di luar pekerjaan yang bermanfaat bagi pengembangan diri. 

Pada NGOBRAS kali ini Muhammad Saleh Arif selaku Project Control SISI melalui video conference berkesempatan untuk berbagi hal mengenai problematika dalam menghadapi kondisi stress ketika bekerja secara WFH. Pada sesi kali ini Arif menyampaikan beberapa gejala akibat stress dengan kondisi pandemi saat ini bisa berakibat fatal, sehingga perlu diantisipasi dengan melakukan beberapa kegiatan lain untuk menghindari stress. 

“Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari stress di tengah kondisi kita yang harus WFH, salah satu hal yang saya lakukan adalah membuat kolam ikan di sela rutinitas kerja. Mungkin cenderung agak merepotkan ya kalau membuat kolam, tapi karena dalam kondisi WFH seperti ini pastinya jenuh di rumah akan menjadi pemicu stress, jadi upayakan ada aktivitas lain yang bisa dilakukan bisa seperti saya bisa kegiatan lainnya,” ujar Arif. 

Adapun tujuan dari diselenggarakannya NGOBRAS ini ialah secara kontinyu dapat menularkan kebiasaan berbagi wawasan pengetahuan kepada seluruh karyawan.  Wawasan pengetahuan yang dimiliki setiap individu jelas berbeda-beda, semakin luas wawasan yang dimiliki setiap individu karyawan tentu akan semakin membawa kemajuan bagi perusahaan dan bagi individu itu sendiri, walaupun bentuk sharingnya sendiri tidak melulu dengan penyampaian yang formal. 

Irnawati Pratiwi selaku Human Capital SISI saat dihubungi melalui telepon kemarin juga mengatakan, “NGOBRAS ini menjadi alasan kita untuk dapat mengakrabkan diri satu sama lain, dimana kita tahu kantor SISI memiliki beberapa site lokasi kerja ditambah lagi kondisi kita saat ini yang harus WFH. Hal lain yang mendasar ketika kita buat dengan mengobrol santai adalah agar semua dapat menyimak dan mau saling berdiskusi sehingga lebih mudah diterima bagi yang mendengarkan. Lain halnya ketika kita menyampaikan dengan cara yang serius.”