Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digitalisasi

Friday, 25 February 2022

Era digital telah berjalan dan dampak perubahan besar dalam perdagangan dunia pun tak terelakan. Tentunya akan banyak peluang dan tantangan yang harus dihadapi bisnis. Keleluasaan dan kecepatan informasi menjadi salah satu faktor penyebabnya. 

Layaknya teknologi yang menuntut pemilik bisnis untuk adaptif, masyarakat saat ini pun menuntut produk dan layanan yang serba cepat dan serta praktis. Selain itu tantangan dari masyarakat saat ini kecenderungan yang senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan bahkan hingga ke kebutuhan. Jika pemilik bisnis tidak dapat beradaptasi dengan kondisi ini, maka konsekuensinya bisnis akan ditinggalkan oleh konsumen secara perlahan.

Berikut kami telah merangkum beberapa peluang dan tantangan bisnis di era digital ini.

 

  1. Munculnya peluang bisnis online baru (e-business)

Perkembangan informasi saat ini mewabah ke pola hidup masyarakat yang mengandalkan dunia virtual untuk kegiatan sehari-hari. Sejak dilanda pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online untuk melengkapi kebutuhan terlihat meningkat tajam. Cara ini dinilai lebih mudah, praktis dan efisien karena kita tak perlu berinteraksi dan berhadapan dengan orang banyak. Cukup dengan sentuhan layar ponsel, berbagai kebutuhan dapat dikirimkan hingga ke depan pintu rumah kita. 

  1. Keinginan yang serba cepat

Jangkauan internet yang sangat luas tentu saja berpengaruh pada berbagai hal. Bahkan bagi Anda sebagai pemilik bisnis yang cukup besar, jarak antara pelaku bisnis dan konsumen tidak menjadi penghalang. Saat ini semakin banyak tersedia berbagai aplikasi yang memudahkan keduanya melakukan bertransaksi. 

Di sisi lain, tidak dapat dihindari juga pola pikir dengan keinginan yang serba cepat telah menjamur di masyarakat. Solusi bagi pemilik bisnis selain mengoptimalkan sumber daya yang ada di perusahaan adalah dengan berkolaborasi melalui teknologi yang ada saat ini.  Bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar. 

  1. Media pemasaran semakin tak terbatas dan persaingan semakin tinggi

Hidup pada dunia yang serba digital saat ini, pemilik bisnis dapat dengan mudahnya melakukan pemasaran produk secara online. Hal ini dapat berdampak pada pengurangan biaya khususnya karena pemilik bisnis tidak harus melakukan sewa tempat luas untuk melakukan berbagai transaksi.

Bahkan bagi toko online bisa dibentuk hanya dengan bermodalkan ponsel dan kuota internet. Pemilik bisnis pun juga dapat melakukan strategi marketing di media sosial ataupun email secara gratis. Namun dampak lainnya dengan adanya media ini, tentu persaingan yang semakin tinggi pula. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus menerus, maka bisnis akan tertinggal dari lainnya. 

  1. Proses transaksi menjadi semakin mudah tetapi kecenderungan masyarakat senantiasa berubah

Aktivitas di dunia maya berjalan selama 24 jam dalam sehari. Hal ini membuat semakin mudahnya konsumen maupun pelaku bisnis melakukan transaksi dengan lebih cepat. Bahkan saat ini ada berbagai macam opsi pengiriman barang dan pembayaran semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi tanpa adanya hambatan yang berarti. 

Namun masyarakat saat ini mudah sekali merasa bosan dengan satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup kompleks. Mereka pun lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka dan tidak. Ini menjadi tantangan karena menuntut pemilik bisnis untuk lebih memutar otak dan berinovasi dalam menciptakan produk serta jasa. Dan tentu saja hal ini mampu memberikan keuntungan yang lebih maksimal kedepannya jika pelaku bisnis mampu memanfaatkannya.

 

Setelah mengetahui peluang dan tantangan di era digital saat ini, kini saatnya memutuskan bagaimana idealnya bisnis akan Anda jalankan. Apapun pilihannya, ketika Anda sudah berhasil membuka peluang bisnis, pastikan untuk selalu mendorong inovasi agar bisnis tetap bertahan. Pastikan melakukan transformasi digital untuk membantu operasional bisnis agar lebih efisien.

Hubungi kami untuk pengelolaan proses bisnis yang terintegrasi dengan FORCA ERP!