Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Gaya Hidup Masyarakat

Friday, 7 January 2022

Peradaban manusia telah berubah dari waktu ke waktu. Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini. Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang sangat pesat kini telah membawa perubahan yang sangat besar bagi manusia dibandingkan dengan zaman dahulu sebelum teknologi berkembang pesat. Tanpa kita sadari pula, sebagian besar teknologi ini telah merubah gaya hidup kita dalam berbagai aspek. Berikut beberapa contoh teknologi yang mempengaruhi aktivitas kita dalam sehari-hari: 

 

  1. Big Data

Teknologi terus berkembang dan penggunaan data pun terus meningkat. Kini fenomena big data telah menjadi habit yang tak dapat dihindari. Big Data penting karena menjadi solusi untuk menyelesaikan sejumlah masalah umum yang dihadapi bahkan penting bagi perusahaan sekalipun. Dengan big data perusahaan dapat mengumpulkan seluruh informasi terkait konsumen yang kemudian bisa diolah menjadi panduan dalam memproduksi barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan dan behaviour konsumen. Big Data bukan lagi soal analisis segmen pasar, melainkan soal fakta yang ada di lapangan. 

Dengan menganalisis data yang dimiliki, perusahaan akan mudah membangun strategi pemasaran yang efektif dan menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasar. Hal ini juga dapat membuat bisnis terhindar dari risiko menyusutnya pangsa pasar. Manfaat lain Big Data yaitu membantu bisnis dalam menemukan penyebab kegagalan, sekaligus menemukan insight baru yang dapat mendorong peningkatan bisnis. Hingga juga bisa mendeteksi tindakan serta risiko yang bisa mempengaruhi kestabilan perusahaan. 

  1. Internet

Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya jika kita sampai detik ini masih belum terkoneksi dengan internet? Tidak bisa chatting, browsing, bermain game online, atau bahkan Anda tidak dapat menonton video Youtube. Di masa sekarang, internet menjadi kebutuhan penting bagi setiap masyarakat. Adanya internet mengubah gaya hidup kita dengan memanfaatkannya melalui berbagai bidang seperti dunia pemerintahan, pendidikan, perindustrian pun juga membutuhkan internet. Apalagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti ini, internet menjadi keharusan untuk berbagai aktivitas ketika sekolah daring, bekerja secara WFH dan lain sebagainya. 

  1. Komunikasi

Selain big data dan internet, komunikasi tentu juga terkena dampak dari adanya perubahan teknologi. Teknologi memungkinkan manusia untuk tetap saling terhubung meski terhalang jarak dan waktu yang berbeda. Pola komunikasi yang dulunya cenderung lambat, sekarang sudah menjadi cepat dan real time. Teknologi membantu memudahkan kita melakukan segala hal, mendekatkan yang jauh, dan berkat komunikasi juga mampu menambah pengetahuan. Kita juga dapat berkenalan dengan siapapun di seluruh dunia tanpa ada hambatan melalui berbagai cara komunikasi seperti video call, video conference, dan masih banyak contoh lainnya. 

  1. Transportasi

Di era globalisasi ini, segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara mudah. Salah satu contohnya yaitu perkembangan transportasi yang semakin pesat. Teknologi pada transportasi zaman dulu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara digendong, dipikul maupun didorong. Sedangkan teknologi transportasi masa kini, telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat baik transportasi darat, air maupun udara. Sarana dan prasarananya juga semakin lengkap dan telah banyak kita temui disekitar kita seperti mobil, kereta api, kapal dan pesawat terbang. Bahkan dengan bantuan teknologi pada bidang transportasi, memungkinkan kita untuk mencoba berwisata ke luar angkasa. 

  1. Komputer

Awal terciptanya komputer memang menjadi suatu penemuan yang besar. Dari waktu ke waktu perkembangan komputer sendiri semakin pesat. Kini komputer pun sudah berubah menjadi laptop yang mudah dibawa kemana–mana. Bayangkan saja, dulu menulis dokumen hanya menggunakan tulisan tangan atau mesin ketik. Tetapi kini kita bisa mengetik dokumen berlembar-lembar dan dengan mudah mengoreksinya dengan menggunakan hardware yang lebih mudah. Bahkan sekarang sistem yang terdapat pada komputer, sudah bisa Anda bawa kemana saja dengan bantuan teknologi mobile yang lebih praktis.

 

Tentunya masih banyak lagi contoh teknologi yang mempengaruhi gaya hidup kita saat ini. Berkat kerja keras para penemu terdahulu, kehidupan kita menjadi lebih mudah. Kemutakhiran teknologi memberikan kontribusi besar tentang bagaimana kita hidup hari ini. Cukup banyak segala sesuatu hal yang bisa kita lakukan tanpa adanya hambatan lagi. Perlu diingat, suatu kemajuan teknologi tidak pernah berhenti. Teknologi akan berubah dari masa ke masa, selalu berkembang dan terus berkembang tiada hentinya. Pada akhirnya mimpi kita hari ini pun bisa menjadi teknologi yang hebat dan membantu peradaban manusia kedepannya.