employee-story-e-biz

“Memikirkan sebuah produk dan mengerti proses bisnisnya dari hulu ke hilir, bagaimana membuat aplikasi yang berguna bagi orang banyak, itu sih yang menjadi suatu tantangan.” – Risma Anggraini, Product Manager

 

Di era digitalisasi saat ini, kebutuhan aplikasi baik untuk individu maupun untuk perusahaan sudah menjadi sesuatu yang tak terhindarkan lagi. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) tentunya sigap dalam menjawab persoalan ini. Inovasi memang sudah mendarah daging dan menjadi salah satu nilai budaya perusahaan. Karena itulah, salah satu fokus bisnis SISI adalah perancangan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas. Salah satu unit kerja di SISI yang memiliki andil dalam mengembangkan bisnis tersebut adalah Unit Kerja E-Biz yang merupakan singkatan dari Electronic Business. Dalam artikel ini, kita akan mengulik pengalaman dan nilai yang didapat di unit E-Biz.

 

Rancang Aplikasi dengan Cermat

Menjadi bagian dari unit yang dituntut untuk berinovasi tidaklah mudah. Bukan sembarang berinovasi, dibutuhkan juga kejelian dalam membaca kebutuhan pasar terhadap aplikasi yang dapat mempermudah aktifitas sehari-hari. Selain itu diperlukan juga kehati-hatian dalam merencanakan kebutuhan pengembangan ide produk yang akan dibuat. Kemudian, dibutuhkan pula kerjasama yang efektif baik di dalam unit kerja itu sendiri maupun dengan unit kerja lain yang terkait guna mengembangkan produk ke titik optimal. Demi memenuhi tantangan tersebut, E-Biz membagi proses kerjanya kedalam tiga tahap utama yakni:

  1. Pembuatan konsep produk (Product Management)
  2. Eksekusi pengembangan produk (Development Management)
  3. Pemasaran dan publikasi produk (Implementation Management)

Karyawan E-Biz dalam proses kerjanya berkesempatan untuk melakukan riset serta melakukan diskusi mendalam terkait ide produk yang akan dibuat. Aspek yang diriset adalah segi bisnis produk termasuk riset pasar, peluang, dan prospek bisnis ke depannya. Selain itu dilakukan pula riset dari segi teknis, yakni fitur yang perlu ada pada aplikasi tersebut, penyusunan agenda pengembangan produk, serta hal-hal teknis lainnya.

Pada pelaksanaan pembuatan aplikasi, karyawan akan terlatih untuk lebih jeli dalam pengemasan aplikasi sehingga mudah untuk diimplementasikan dan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Selain itu, publikasi dan pemasaran juga membuat karyawan terlatih dalam perancangan strategi untuk menarik masyarakat dalam menggunakan aplikasi dan membaca respon pengguna aplikasi sebagai dasar pengembangan aplikasi tersebut ke depannya. Tak heran karyawan E-Biz akan menjadi peka terhadap kebutuhan masyarakat, dan cermat memahami alur bisnis dari awal hingga akhir.

 

Kritis dan Terus Berkembang

Dengan diluncurkannya aplikasi dari E-Biz, tidak serta merta membuat pengembangan produk terhenti. Sebut saja aplikasi BosKos dan EPOOOL yang merupakan produk keluaran E-Biz. Secara rutin, tim E-Biz akan melakukan review setiap tiga bulan dari hasil implementasi produk yang sudah berjalan. Setiap review, baik dari pengguna aplikasi maupun dari internal perusahaan, akan ditampung dan dijadikan bahan pengembangan produk. Lalu, tim E-Biz juga menyusun skala prioritas pengembangan agar perbaikan dapat dilakukan secara terjadwal dan bertahap sesuai urgensi dari perbaikan produk tersebut. Selain itu, pengamatan terhadap produk pesaing juga tak luput dari perhatian tim E-Biz. Hal inilah Hal inilah yang menjadikan produk tim terus berkembang dan memenuhi kebutuhan yang ada.

 

Lingkungan Kerja yang Mendukung

Lingkungan kerja yang kondusif tentunya diperlukan untuk kelancaran proses kerja pada unit E-Biz. Fasilitas seperti training dan sertifikasi yang berlaku untuk seluruh karyawan SISI sangat membantu dalam pengembangan potensi karyawan. Kemudian, E-Biz yang memillki waktu kerja yang fleksibel memungkinkan unit E-Biz untuk mengembangkan kreatifitas semaksimal mungkin. Rekan kerja yang relatif seumuran, kooperatif, dan enerjik juga meningkatkan motivasi dari rekan-rekan unit EBiz. Ke depannya, E-Biz akan terus mengembangkan produk-produk yang lebih menarik dan bermanfaat secara luas. Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian dari Tim E-Biz?