Siap Bekerja Kembali Setelah Liburan!

Friday, 6 May 2022

Momen libur panjang lebaran menjadi penyegaran pada diri setelah melewati fase produktif dalam bekerja. Bertemu dan menghabiskan waktu bersama sanak saudara di momen lebaran seakan menjadi hal menyenangkan yang sulit untuk dilupakan. 

Kondisi semacam ini sebenarnya wajar terjadi. Membangun motivasi untuk sekedar membangkitkan semangat bekerja setelah libur panjang tidak mudah. Hal ini harus diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mendorong semangat bekerja setelah libur panjang terjadi:

  • Pikirkan Kesenangan dalam Bekerja

Jika dibayangkan tentu saja bekerja tidak menyenangkan seperti saat kita liburan. Namun ketika kita melakukan pekerjaan tersebut, tentu ada saja hal yang menyenangkan. Ada baiknya setelah melewati libur panjang, kamu mengingat-ingat apa saja hal yang menyenangkan selama bekerja. Sebagai contoh ketika berdiskusi dengan atasan atau rekan kerja melalui media komunikasi online atau secara tatap muka tentang hal apapun. Ini akan membatu membangkitkan semangat dalam bekerja.

  • Persiapkan peralatan kerja sehari sebelumnya

Sebagian orang menganggap bahwa satu kesalahan kecil yang terjadi di pagi hari bisa merusak mood seharian. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa siasati dengan menyiapkan semua keperluan selama bekerja keesokan harinya pada malam hari. Meskipun kamu bekerja dari rumah mungkin bisa mempersiapkan alat penunjangnya seperti laptop, headset, dan sebagainya agar dapat bekerja dengan lebih santai.

  • Buat jadwal kerja di hari pertama

Pada hari pertama kerja, fokuskan diri untuk kembali mendapatkan semangat bekerja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan semua hal, sehingga kamu perlu menyusun skala prioritas pekerjaan. Susun pekerjaan yang paling mudah atau paling mendesak terlebih dahulu. Dengan begitu kamu memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu kamu untuk lebih bersemangat.

  • Mulai bekerja lebih awal

Setelah libur panjang lebaran biasanya banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Agar lebih bersemangat dalam menyelesaikan tumpukan tersebut, coba kamu memulai pekerjaan pada waktu yang lebih awal. Tapi jika ini sulit dilakukan, paksakan diri bangun, menjauhkan diri dari distraksi apapun dan memulai pekerjaan dengan lebih awal. Dengan begitu kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

  • Jangan terbawa suasana malas

Lupakan soal euforia liburan karena masa itu telah usai. Meskipun beberapa teman di sekelilingmu masih bermalasan akibat libur panjang, jangan ikut terpengaruh. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan.

 

Meskipun mengenang momen liburan  yang telah dilalui sangat menyenangkan, namun kita juga harus realistis bahwa ada pekerjaan yang menunggu untuk dikerjakan. Beberapa tips diatas bisa kamu coba untuk membangkitkan semangat pekerjaanmu mengawali bekerja setelah libur panjang lebaran. Semoga membantu ya Sobat!