Tak Pernah Bosan Menggali, Prinsip Putri dalam Investasi Ilmu

Thursday, 14 April 2022

Umumnya selama ini investasi selalu dikaitkan sebatas dengan perkara materi. Padahal hal paling berharga dalam hidup adalah diri kita sendiri. Investasi terhadap diri sendiri bisa dilakukan dengan berbagai hal salah satunya melalui belajar. Semakin banyak hal dipelajari, semakin banyak pula sesuatu yang bisa kamu lakukan. Hal ini juga yang menjadi prinsip bagi Putri Hardiyanti yang saat ini menjalani pekerjaannya sebagai System Analyst di SISI. Di tengah rutinitasnya yang padat dalam bekerja, dirinya selalu berprinsip bahwa investasi terhadap diri dengan selalu menambah ilmu juga penting.

Bagi Putri, ilmu menjadi aset yang berharga untuk diinvestasikan. Perempuan asal Surabaya ini mengaku, dengan belajar kita dapat memperoleh ilmu, sehingga mempengaruhi cara berpikir dan bersikap yang akan membentuk karakter seseorang. Sejak tahun 2007 lalu di samping menjalani rutinitas bekerja dan kuliah, dirinya banyak mengikuti berbagai pelatihan, yang bersifat formal maupun non-formal. Dirinya sempat mengikuti berbagai pelatihan teknikal skill seperti project management, back end & front end developer, data engineer, UI/UX designer, dan masih banyak lagi.

Putri yang saat ini tengah menempuh Magister Manajemen dengan konsentrasi Digital Business Strategy di Universitas Telkom Bandung ini merasa tak pernah ada kata bosan dalam belajar. Baginya tidak ada batas waktu, umur, dimanapun untuk bisa menambah ilmu. Bahkan saat awak SISI bertanya apa saja pelatihan yang telah dilakukan oleh Putri di tahun 2022 ini, dirinya mengaku masih sempat mengikuti beberapa training seperti Revou Mini Course Intro To Product Management, Foundations Of User Experience (UX) Design, Scrum Foundation Professional Certificate SFP, dan berbagai macam webinar online. 

“Bekerja di era digital ini, aku rasa banyak hal yang harus kita ketahui. Menurutku menjadi manusia pembelajar adalah tekad yang perlu ditanamkan sedini mungkin, karena dengan belajar pada hakikatnya menjadi investasi bagi diri serta kewajiban sepanjang hidup kita,”  ujar Putri Hardiyanti dalam kesempatan wawancara kemarin.

Dengan membiasakan diri untuk terus belajar, Putri menganggap bahwa seseorang akan memiliki sudut pandang yang luas, sehingga akan menjadi pribadi lebih yang open minded dan adaptif terhadap beragam situasi. Lewat belajar, banyak ilmu baru yang didapatkan dan bisa dipraktikkan dalam hidup untuk ke depannya.

“Membiasakan diri untuk belajar dapat menyelamatkan diri dari kesulitan menghadapi tantangan global saat ini. Aku pribadi sangat menyukai tantangan juga sehingga tidak pernah bosan ketika pengen belajar sesuatu. Suatu saat ilmunya pun dapat meningkatkan intelektualitas kita, karakter akan semakin matang, pola pikir akan lebih kritis dan sudut pandang juga akan semakin luas. Meskipun sudah kepala 30 pun masih semangat menggali ilmu, tidak boleh kalah dengan yang muda loh,” lanjut Putri.

Mengembangkan diri melalui belajar sudah sepatutnya dibiasakan mulai sekarang. Beranikan diri untuk terus melangkah menambah wawasan dari berbagai hal, bahkan sesuatu yang mungkin tidak kamu sukai sekalipun. Jika berhasil melakukan investasi dalam pengembangan diri, tentu akan banyak berdampak pada aspek kehidupan, termasuk juga karir dan keuangan.