Tingkatkan Optimisme untuk Menjadi Talenta Unggul, SBI dan SISI Lakukan Kolaborasi Internalisasi Core Value AKHLAK

Friday, 19 February 2021

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk bersama dengan SISI melaksanakan internalisasi core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) kepada seluruh karyawan SIG Group dalam rangka memperkuat nilai budaya perusahaan. Acara digelar secara virtual melalui live streaming pada Selasa (16/2). 

Kegiatan Internalisasi Core Value AKHLAK kali ini dilaksanakan dengan menghadirkan dua pemateri yakni, Direktur Human Capital, Legal, & Corporate Affair  PT Solusi Bangun indonesia Tbk, Agung Wiharto dan Direktur Utama SISI, Her Arsa Pambudi. Acara diikuti oleh kurang lebih 850 insan SIG dari beberapa lokasi operasional, meliputi Jakarta, Lhoknga (Aceh), Indarung (Sumatera Barat), Narogong (Jawa Barat), Cilacap dan Rembang (Jawa Tengah), Tuban dan Gresik (Jawa Timur), hingga Pangkep (Sulawesi Selatan).

Direktur SDM dan Hukum SIG, Tina T. Kemala Intan mengatakan, internalisasi dan implementasi core value AKHLAK penting bagi seluruh insan SIG Group melalui perwujudan sikap kerja dan service excellence dengan tetap memperhatikan tata aturan yang berlaku. ”Saat ini, nilai budaya AKHLAK memasuki tahun kedua diterapkan di SIG. Nilai ini sangat powerfull karena sifatnya universal, kemanapun kita melangkah akan dapat berpedoman pada nilai tersebut. Sebagai insan SIG, AKHLAK tidak boleh hanya menjadi slogan tetapi ditanamkan pada nilai-nilai kehidupan yang tercermin dalam perilaku bekerja dan sehari-hari sehingga memiliki sikap integritas, profesional, berkinerja handal, serta berkontribusi optimal,” ujar Tina T. Kemala Intan.

Lebih lanjut Tina mengatakan bahwa, untuk memastikan penerapan AKHLAK menjadi optimal di lingkungan SIG, manajemen akan melakukan internalisasi secara berkelanjutan. ”Untuk memastikan implementasi tata nilai AKHLAK dapat berjalan efektif, SIG akan melakukan serangkaian kegiatan internalisasi secara berkelanjutan dengan menggandeng seluruh insan SIG di semua level. Selain itu akan ada sistem pengukuran penerapan budaya AKHLAK untuk menjadi bahan perbaikan seluruh insan SIG di masa yang akan datang,” lanjutnya. 

Sementara itu Direktur Utama SISI, Her Arsa Pambudi menyampaikan bahwa internalisasi budaya AKHLAK ini dapat memberikan optimisme bagi insan SIG untuk menjadi talenta-talenta yang unggul sebagai pionir dalam kemajuan BUMN. “Pencanangan core values AKHLAK sejalan dengan prioritas BUMN, dengan menjadi pabrik talenta BUMN dapat bergerak maju bersama. Penerapan ini menjadi concern insan SIG dalam pengembangan SDM sesuai dengan slogan kita Go Beyond Next,” ujar Her Arsa Pambudi.

Selanjutnya Direktur Human Capital, Legal, & Corporate Affair  PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Agung Wiharto juga menyampaikan, bahwa kegiatan internalisasi AKHLAK ini dapat menjadi momentum sekaligus menjadi energi budaya kerja yang harus senantiasa kita pupuk. “Kita dalam dunia yang serba cepat berubah, semua harus bertransformasi, dan penerapan core values AKHLAK menjadi spirit untuk selalu berinovasi dengan langkah Go Beyond Next. Namun semangat ini tidak akan tercapai jika kita tidak memiliki nilai AKHLAK di dalamnya”