Usir Rasa Bosan Di Era Pandemi, Dio Jalani Hobi Baru

Friday, 25 September 2020

Adanya pandemi Covid-19 telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat kita saat ini. Waktu yang semula banyak dihabiskan di luar rumah, sekarang harus dimanfaatkan baik-baik di dalam rumah demi mitigasi persebaran Covid-19. Maka tidak heran jika sebagian dari masyarakat merasa sering diselimuti lelah dan suntuk.

Hobi menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan untuk mengatasi rasa lelah dan suntuk ketika  seharian di rumah. Di tengah pandemi sendiri, banyak hobi yang bisa dilakukan, seperti Dio Surya Putra salah satu Programmer SISI site Gresik. Sebelum adanya pandemi Covid-19 dirinya mengaku sering melakukan hobinya bermain futsal bersama teman-temannya. Namun, sejak diberlakukannya kebijakan work from home (WFH) dan pembatasan sosial, memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi pilihan Dio untuk mengatasi rasa bosan.

Dalam kesehariannya, Dio menjadi lebih banyak aktivitas dengan merawat ikan seperti kegiatan membersihkan akuarium atau sekedar memberi makan ikan. Dio sengaja memilih ikan hias jenis Peacock Bass dan Oscar untuk dipelihara di rumah. Jenis ikan ini memiliki warna yang cantik dan unik, sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi Dio selama beraktivitas di rumah saja. “Dalam akuarium, semakin banyak ikannya maka semakin mampu menangkap perhatian kita. Sehingga ini sangat baik untuk meningkatkan suasana hati kita,” ungkap Dio.

Memajang akuarium ikan hias dalam ruangan dipercaya dapat membantu meningkatkan fokus, kreativitas, sekaligus memaksimalkan produktivitas. Visual yang menarik dari ikan dan suara air dari akuarium memiliki efek terapeutik, sehingga dapat membuat otak fokus terhadap pemandangan tersebut dan membantu mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat kita jenuh. Ke depannya Dio menargetkan akan menambah koleksi ikannya menjadi lebih banyak lagi, sehingga menjadi lebih tampak warna warni dengan ikan yang beragam.

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, memang setiap orang tak akan pernah lepas dari rasa jenuh atau bahkan rasa cemas, apalagi dalam situasi yang tak menentu seperti saat ini. Memelihara dan berinteraksi dengan ikan hias bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebosanan yang melanda selama masa pandemi dan beraktivitas di rumah saja seperti yang dilakukan Dio. Bagaimana, tertarik juga kah kalian beralih hobi merawat ikan hias?