sinarharapan

SHNet, Jakarta – Tantangan dunia usaha di era global saat ini adalah persaingan yang semakin ketat dan harus mampu beradaptasi dengan perubahan jaman yang cepat. Dunia usaha pun dituntut untuk semakin mampu  mengumpulkan, mengendalikan dan menggunakan berbagai informasi yang ada untuk kemudian diterapkan ke dalam strategi pelaku usaha.

Untuk beradaptasi dengan kompetisi pasar yang ketat dan perubahan jaman ini, Enterprise Resources Planning (ERP) menjadi salah satu peranti lunak yang wajib dipakai para pengusaha. ERP dapat digunakan oleh pelaku dunia usaha untuk mengumpulkan, mengatur dan menginterprestasi data dari berbagai aktifitas usaha termasuk perencanaan produksi, pembelian, manufakturing atau jasa pengiriman.

Dapat dikatakan, ERP merupakan paket peranti lunak yang mendukung semua proses dan kegiatan usaha, termasuk manufakturing, keuangan, sumber daya manusia dan sebagainya.

Namun, kendala biaya kerap membuat para pelaku dunia usaha berpikir dua kali untuk menerapkan ERP dalam strategi bisnisnya, karena peranti lunak yang beredar di Tanah Air saat ini masih diproduksi oleh perusahaan asing dengan harga yang sangat tinggi. Dana yang dipakai untuk membeli software ERP yang mahal semacam ini juga berarti dapat menyebabkan neraca perdagangan Indonesia timpang.

PT. Sinergi Informasi Semen Indonesia (SISI) pun melihat peluang tersebut. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Information and Communication Technology (ICT), PT. Sinergi Informasi Semen Indonesia pun menjawab tantangan akan kebutuhan teknologi ERP yang ada dengan menciptakan aplikasi Forca ERP. Ini merupakan sebuah aplikasi software ERP karya anak bangsa yang terintegrasi, terkini, terpercaya, mudah digunakan dengan harga terjangkau.

CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) Adel Rahadi (duduk) bersama COO PT SISI Handoyo Pudji sedang mengamati aplikasi software ‘FORCA ERP’ buatan PT SISI di Jakarta, Selasa (27/9). Software ‘FORCA ERP’ merupakan aplikasi software karya anak bangsa yang menjadi solusi pengorganisir berbagai proses bisnis di bidang manufaktur secara terpadu.

“Berbekal pengalaman dalam mengatur proses bisnis Semen Indonesia Group sejak tahun 2001, kami gembira dapat memperkenalkan kiprah PT SISI di industri ICT kepada pelaku usaha Tanah Air. Keberhasilan PT SISI membuat aplikasi ERP juga diharapkan menggerakkan roda perekomian Tanah Air,” kata CEO PT SISI  Adel Rahadi.

Nama Forca sendiri diambil dari penggalan istilah InFORmation CApital karena informasi adalah modal utama yang harus dimiliki setiap pelaku usaha. Forca ERP menyediakan platfom yang mengintegrasikan seluruh informasi usaha yang dimiliki pelaku usaha. Sebagai karya anak bangsa, Forca ERP didesain untuk bisa di pakai oleh banyak pelaku usaha di Tanah Air.

Adel Rahadi juga menjelaskan berbagai kelebihan Forca ERP, yaitu aplikasi ini mengintegrasikan proses bisnis menyeluruh dari awal hingga akhir. Modul yang komprehensif, mengadopsi tren teknologi terkini, mengikuti peraturan lokal yang ada (pajak dll) menjadi faktor keunggulan menonjol.

Forca ERP juga dapat membantu berbagai tipe klien, beragam tipe pembukuan dan juga berbagai tipe mata uang. Yang terutama, aplikasi ini memiliki harga yang sangat terjangkau, dibandingkan aplikasi yang sama dimiliki oleh perusahaan IT asing.

Sumber: http://sinarharapan.net/2016/09/forca-erp-aplikasi-terapan-ict-karya-anak-bangsa/