target_penjualan_erp_1JAKARTA – Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yakni PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) meluncurkan perangkat lunak aplikasi enterprise resource planning (ERP) bernama FORCA ERP.

Dari segmen bisnis tersebut, SISI menargetkan pendapatan sebesar Rp1 triliun dalam 3-4 tahun. Dalam operasionalnya, perseroan mengklaim tidak mengeluarkan investasi yang besar karena lebih menekankan kepada sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan IT.

”Ini bisa menjadi investasi kita ke depan,” kata CEO PT SISI Adel Rahardi di Jakarta kemarin. Adel menambahkan, saat ini sudah ada tiga perusahaan yang mengimplementasikan perangkat lunak (software ) FORCA ERP. Hingga akhir tahun akan ada empat perusahaan lagi yang akan menggunakan software tersebut. ”Target awal 50 perusahaan.

Kita harapkan perusahaan BUMN yang belum menggunakan ERP dapat menggunakan ini,” tuturnya. SISI merupakan bagian dari Semen Indonesia Group yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (TI). Kehadiran FORCA ERP diharapkan membantu pelaku bisnis khususnya usaha kecil menengah (UKM) untuk mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi dengan harga terjangkau.

Asisten Deputi Management SDM Executive Kementerian BUMN Imam Bustomi mengatakan, ketika perusahaan ingin menerapkan strategi maka harus memiliki TI yang memadai. ”Peranan TI sangat penting. Tidak mungkin perusahaan yang punya bisnis besar, database yang semakin lengkap tanpa sistem informasi yang terintegrasi,” ujarnya.

(oktiani endarwati)